Connect with us

Nasional

Menag Yaqut Cholil Qoumas: 1 Ramadan 1444 H Jatuh pada Hari Kamis 23 Maret 2023 M

Hari ini, Rabu 22 Maret 2023 sore, Kementerian Agama akan melaksanakan sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1444 H di Kantor Kementerian Agama Jl. MH Thamrin No.6 Jakarta mulai pukul 17.00 WIB.

Proses sidang Isbat diawali pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H oleh Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, Asadurrahman, di Auditorium HM Rasjidi. Pelaksanaan pemaparan tersebut terbuka untuk umum dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Bimas Islam TV.

Pelaksanaan rukyatul hisab akan dilakukan pada 124 titik di 34 provinsi, dan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama kabupaten/kota, bekerja sama dengan Pengadilan Agama, Ormas Islam, dan instansi setempat.

Selepas Magrib, digelar sidang isbat secara tertutup yang dipimpin Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas. Dalam sidang tersebut, Direktur Urais dan Binsyar akan melaporkan hasil pemantauan hilal (rukyatul hilal) yang dilakukan pada 124 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Advertisement

Usai sidang, Menag  menggelar konferensi pers mengenai hasil sidang isbat, yaitu Penetapan Pemerintah tentang 1 Ramadan 1444 H/2023 M yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kemenag RI, TVRI, dan media lainnya.

“1 Ramadan 1444 H Jatuh pada Hari Kamis 23 Maret 2023 M,” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Sidang isbat awal Ramadan 1444 H akan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren.

Diketahui, Kementerian Agama melangsungkan sidang isbat sebanyak tiga kali dalam setahun, yaitu penetapan awal bulan Ramadan, Syawal dan Zulhijah.

Advertisement
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer