Connect with us

Nasional

Menhan Prabowo Subianto Lanjutkan Penyerahan Sepeda Motor ke Babinsa di Kodam IV Diponegoro

Semarang – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan pengarahan kepada 2000 Prajurit Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI AD di wilayah Kodam IV/Diponegoro, Rabu (25/1) di Balai Diponegoro Kodam IV / Diponegoro, Semarang.

Selain memberikan pengarahan, Menhan Prabowo yang didampingi Pangdam IV / Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono juga menyerahkan 100 unit sepeda motor untuk mendukung tugas operasional para Babinsa.

Dalam pengarahannya, Menhan Prabowo kembali menegaskan petunjuk Presiden Joko Widodo tentang kebijakan pembangunan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta. Salah satu yang menjadi prioritas adalah penguatan dan pemberdayaan kekuatan komando teritorial sebagai tulang punggung pertahanan negara.

“Pertahanan Indonesia adalah pertahanan keamanan rakyat semesta, perang seluruh rakyat, ini adalah sistem kita perintah UUD 1945. Karena inilah, kita berdiri dan kita bertahan sampai sekarang sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia”, jelas Menhan.

Advertisement

Lebih lanjut Menhan mengungkapkan dalam upaya memperkuat pertahanan negara, Kemhan telah memperbaiki doktrin – doktrin pertahanan negara. Disamping itu juga tengah mengupayakan pembangunan kekuatan Angkatan Laut dan Angkatan Udara untuk menjaga kedaulatan wilayah Indonesia yang begitu luas.

“Tidak bisa kita tanpa Angkatan Udara dan Angkatan Laut yang kuat. Tapi kita juga harus memperkuat komando teritorial. Karena, inti dari Sishankamrata wujudnya adalah komando teritorial mulai dari Pangdam, Danrem, Dandim, Danramil dan Babinsa. Ini yang merupakan tulang punggung pertahanan negara kita”, ungkap Menhan Prabowo.

Menhan mengungkapkan kedepan semua Babinsa di seluruh Indonesia akan dilengkapi dengan sepeda motor yang baru untuk mendukung kemudahan mobilitas. Selain kendaraan, juga akan dilengkapi alat komunikasi yang seragam agar dapat saling berkomunikasi dengan baik.

“Semua Danramil akan dilengkapi dengan kendaraan Jeep buatan anak – anak Indonesia. Kendaraan ini dibuat oleh industri pertahanan dalam negeri PT Pindad yang diberi nama “Maung” oleh Presiden RI Joko Widodo. Ini akan menjadi kendaraan standar TNI. Kita akan lengkapi seluruh jajaran TNI dengan kendaraan buatan kita sendiri”, ungkap Menhan Prabowo.

Advertisement

Untuk memperkuat komando teritorial langkah lainya yakni dengan pembentukan batalion batalion Komponen Cadangan (Komcad). Pembentukan Komcad merupakan perintah dan amanat UU dan UUD 1945. Kemhan sudah berhasil melatih dan membentuk komponen cadangan pada tahun 2021 dan 2022. Pada tahun 2023 ini juga Kemhan akan melanjutkan program pelatihan Komcad tersebut

Mengakhiri pengarahannya, Menhan lebih lanjut menyampaikan terimakasih kepada para prajurit Babinsa atas semangat dan dedikasinya. Sebagai ujung tombak, mata, telinga dan juga mewakili TNI, Babinsa haruslah dapat mampu mengenal merebut hati rakyat. (red/fid/rls)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer