Connect with us

Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Tahun 2017 yang diselenggarakan pada hari Senin (6/3/2017). Dalam kesempatan tersebut hadir Camat Ciputat Andi Dandi Patabai, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Tangsel M Taher Rochmadi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Ismunandar, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tangsel Retno Prawati Anggota DPRD Kota Tangsel Sukarya, serta beberapa kepala SKPD dan para delegasi masyarakat dari kelurahan di Kecamatan Ciputat.

Camat Ciputat Andi Dandi Patabai mengatakan, kegiatan Musrenbang di Kecamatan Ciputat ini diawalai dengan pra-musrenbang yang dilaksanakan pada bulan Februari lalu di tujuh kelurahan yang ada di kecamatan Ciputat. Andi mengakui dalam evaluasi kegiatan sebelumnya, peran swasta dalam pembangunan di Kecamatan Ciputat sangat minim, padahal komponen yang mendukung pembangunan selain peran pemerintah dan masyarakat adalah peran swasta.

“Apabila peran swasta tidak ada, maka perencanaan pembangunan hanya menitikberatkan pada APBD,” ungkapnya.

Advertisement

Diakhir laporannya, Andi menyampaikan bahwa kegiatan musrenbang ini dibagi menjadi 4 kelompok bidang yaitu infrastruktur, kesehatan, pendidikan serta pemberdayaan ekonomi dan masyarakat.

Terkait Musrenbang, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan musrenbang di Kota Tangsel sebenarnya sudah menggunakan aplikasi E-Musrenbang yang telah berjalan hampir 3 tahun dan menjadi yang pertama di Indonesia. Akan tetapi, setelah dievaluasi, penggunaan E-Musrenbang terkait penyusunan masih belum optimal dilakukan.

“E-musrenbang dilakukan dalam rangka transparasi proses pembangunan sehingga tidak ada usulan perencanaan yang mendadak dan berat sebelah,” kata Airin.

 Airin berharap kegiatan musrenbang ini merupakan murni usulan dari hasil musyawarah.(fid/kabar tangsel)

Advertisement

Populer