Padamkan Kebakaran Bedeng Proyek BSD, Satu Petugas Damkar Tangsel Dilarikan ke Rumah Sakit

By: Minggu, 28 Maret 2021

Seorang petugas pemadam kebakaran Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menghirup asap menyengat saat memadamkan kebakaran 12 unit bedeng area proyek apartemen kawasan BSD, Desa Sampora, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang. Petugas tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat karena mengalami sesak napas.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangsel Uci Sanusi mengatakan, seorang anggota pemadam kebakaran bernama Iskandar dievakuasi karena terlalu banyak menghirup asap di lokasi. “Satu anggota kita tadi sempat dibawa ke rumah sakit. Korban lain nggak ada,” ucapnya, Sabtu (27/3/2021).

Uci mengungkapkan, sumber api yang meludeskan 12 unit bangunan bedeng diduga berasal dari korsleting listrik. Saat kejadian, kondisi bedeng sedang kosong karena ditinggal para penghuninya untuk bekerja. Tak ada korban jiwa akibat kejadian itu.

Dia menambahkan, meskipun lokasi kebakaran masuk wilayah Kabupaten Tangerang, namun pihaknya tetap mengirim bantuan ke lokasi. Total ada sebanyak 6 unit pemadam yang diterjunkan. “Semua ada 6 unit, dari Tangsel 4 unit, dari BSD 1 unit, dan dari Kabupaten 1 unit,” katanya.

Sementara itu, Bagian Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) proyek, Supardiyanto menjelaskan, kobaran api pertama kali terlihat pukul 10.00 WIB. Dia lantas berteriak agar petugas keamanan setempat mengambil Alat Pemadam Api Ringan (Apar).

“Terus saya teriak-teriak agar yang lain cepat bantu. Tadi posisinya kosong karena semua sedang bekerja,” tuturnya.

Akibat peristiwa itu, nyaris seluruh barang-barang pribadi milik pekerja di dalam bedeng habis terbakar. Sampai kini, sebagian pekerja terlihat tengah memungut puing-puing material bedeng yang terbakar. “Habis semua, isinya pakaian sama perlengkapan pekerja aja,” tukas Supardiyanto. (pmj)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *