Connect with us

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja ke Kota Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Rombongan yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Banyumas Supangkat itu mengunjungi Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangsel di Jalan Maruga Raya, Ciputat , Selasa (14/2/2017). Rombongan DPRD Kabupaten Banyumas yang terdiri dari Anggota dan Kepala Badan Anggaran tersebut diterima langsung oleh Kepala Bappeda Tangsel Mochammad Taher Rochmadi.

Supangkat, mengatakan bahwa kunjungannya itu untuk mengetahui dan mempelajari lebih banyak tentang Sistem Perencanaan dan Pembangunan Daerah (SPPD) di Kota Tangsel, karena sistem tersebut sudah diaplikasikan di kota yang memiliki 7 kecamatan itu. SPPD adalah satu kesatuan tata perencanaan pembangunan untuk menghasilkan rencana-rencana jangka panjang, menegah dan tahunan yang dilaksanakan oleh Kota Tangerang Selatan. SPPD menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi. Serta, menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan yang berdasarkan pada asas kepastian hukum, tertib penyelenggaraan Negara, ketertiban umum, keterbukaan, proposionalitas, profesionalitas, dan akuntabilitas.

”Saya mendengar bahwa Tangsel sudah memakai aplikasi SPPD ini, dan saya mengintruksikan Dinas terkait untuk mengadopsi sistem ini untuk diterapkan di Banyumas”, ucap Supangkat.

Advertisement

Kepala Bappeda Kota tangsel, Mochammad Taher Rochmadi, meyambut baik kunjungan ini. Menurut Taher, sistem SPPD ini untuk mengetahui kapan sebuah kegiatan harus direalisasikan dan dimplementasikan. Dan, Walikota secara langsung menilai pekerjaan kita melalui sistem ini.

“Dengan menggunakan SPPD, maka pembangunan terkendali dengan baik. Dinas tidak bisa lagi menutupi apabila belum atau lambat dalam mengimplementasikan kegiatan, karena sewaktu-waktu walikota bisa mengecek time table di sistem ini,” ucap Taher.

Diakhir pertemuan, Kepala Bappeda Kota Tangsel memberikan cinderamata atau kenang-kenangan berupa miniatur rumah Blandongan (rumah khas Betawi) dan buku profil Kota Tangsel kepada Ketua DPRD Kabupaten Banyumas.

Advertisement

Populer