Connect with us

Kabupaten Tangerang

Pemkab Tangerang Layani Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban Secara Gratis

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melayani pemeriksaan hewan secara gratis untuk memastikan kesehatan hewan kurban pada Idul Adha1445 Hijriah/2024 Masehi.

“Para peternak atau penjual hewan bisa datang ke kami untuk melakukan pemeriksaan hewan secara mandiri, dan kita juga siapkan petugas atau dokter yang ada di wilayah masing-masing,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang Asep Asep Jatmika Sutrisno saat dikonfirmasi, Kamis (23/5/2024).

Ia menyebutkan, penjual atau peternak hewan kurban yang hendak melakukan pemeriksaan kesehatan, bisa meminta bantuan ke bidang pengendalian kesehatan hewan dan kesmavet pada Dinas Pertanian setempat.

“Kalau ada masyarakat yang memang ingin memeriksakan hewannya bisa langsung menghubungi bidang Keswan,” ujarnya.

Advertisement

Dalam hal ini, tambah Asep, pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap ratusan lapak penjualan hewan kurban itu. Sebagai pengawasan di lapangan diterjunkan 100 petugas yg sebelumnya akan dibekali pengetahuan mengenai ciri-ciri penyakit hewan menular dan zoonosis serta hewan yg layak dijadikan hewan kurban.

Mereka, kata dia, bakal memeriksa seluruh hewan kurban yang memenuhi persyaratan baik dari fisik, gejala klinis yang terlihat dan syarat kurban lainnya.

“Bila telah dibekali barulah mereka (100 petugas, Red) turun ke lapak2 penjualan dan penampungan hewan kurban. Kemudian nantinya akan diberikan tanda sehat baik dari hewan itu sendiri maupun lapak berupa stiker,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menerjunkan dokter hewan bila nanti ditemukan adanya hewan terindentifikasi mengalami penyakit seperti PMK dan LSD Namun, sejauh ini belum ada laporan ataupun diketemukan
hewan yang mengidap penyakit hewan menular atau zoonosis.

Advertisement

“Sebab, kami juga rutin melakukan pemeriksaan dan memberikan vaksin kepada hewan ternak yang ada di Kabupaten Tangerang ini. Tidak hanya sapi, kerbau, kambing dan domba pun rutin divaksinasi,” kata dia.

 

Populer