Connect with us

Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan mengunjungi lokasi longsor di RT 10/04, Kranggan, Setu, Rabu (19/5/2021) pagi. Diketahui, sebanyak dua rumah hancur tertimpa longsor pada Selasa (18/5/2021) akibat hujan yang mengguyur wilayah tersebut.

“Ketika kami mendapatkan informasi tentang bencana longsor yang menghancurkan 2 rumah warga di Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu kami langsung terjun ke lapangan. Saya langsung meninjau ke lokasi kejadian, bersama Dinas terkait. Saya melihat tim PU, BPBD dan Satpol PP sudah mulai melakukan pembersihan reruntuhan dan tanah serta pohon yang terbawa longsor. Namun beruntung tidak ada korban jiwa,” kata Pilar Saga Ichsan.

Pilar jelaskan, tiga kepala keluarga yang terdampak longsor ini sudah dievakuasi ke rumah sewaan yang dipersiapkan untuk 6-12 bulan kedepan.

Advertisement

“Kami meminta Dinas Perkim untuk merenovasi rumah korban yang hancur. Dan kami meminta BPBD dengan Lurah Kranggan untuk mendata berapa rumah yang berada di garis bahaya, untuk warganya turut dievakuasi sebelum hujan lebat kembali,” ujarnya.

Menurut Pilar, kejadian longsor ini terjadi karena perbedaan level tanah yang berada di belakang rumah warga runtuh. Karena pergeseran tanah akibat debit air hujan yang cukup tinggi.

“Kedepan kami meminta Dinas PU untuk memasang dinding penahan terhadap tanah warga yang berpotensi longsor, sambil memikirkan opsi pemindahan rumah warga agar tidak lagi ada resiko terkena longsor. Terimakasih untuk kawan-kawan yang sudah turun dengan sigap membantu warga, dan juga pihak BPPT yang membantu menganalisis masalah semoga kedepan ancaman longsor bisa semakin teratasi dengan tepat dan cepat,” tutup Pilar. (red/fid)

Advertisement

Populer