Connect with us

Tangerang Selatan

Pentingnya Peran Bawaslu Dalam Pilkada di Tengah Pandemi

Published

on

Bawaslu Kota Tangerang Selatan menjadi salah satu daerah yang melaksanakan Pilkada di tengah pandemi pada 2020 lalu. Dalam pelaksanaannya banyak informasi yang dibutuhkan oleh penyelenggara Pemilu lainnya.

Anggota Bawaslu Kota Tangerang Selatan, Aas Satibi menyampaikan dalam webinar yang diselenggarakan oleh Lingkar Studi Demokrasi dan Pemilu (LSDP) dengan tema Membangun Komitmen Bersama Dalam Penanganan Covid-19 menjelaskan bahwa pihaknya turut berperan dalam penanganan covid-19.

”Adapun hal yang dilakukan oleh Bawaslu Tangsel di antaranya saat melakukan pengawasan Pilkada Tangsel 2020, Pengawas memastikan penyelenggaraan kegiatan Pilkada termasuk kampanye dilakukan dengan protokol kesehatan,” ujar Aas.

Advertisement

Dia menambahkan bahwa untuk menyesuaikan pandemi yang saat itu berlangsung, maka variabel pengawasan menjadi bertambah. Salah satunya adalah protokol kesehatan. Sehingga di lapangan Bawaslu masih menemukan sejumlah pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan para peserta Pilkada.

”Dan bagi yang melanggar dikenakan pelanggaran protokol kesehatan,” ujar Aas kemudian menambahkan jika dibandingkan dengan jumlah kegiatan kampanye, jumlah pelanggaran prokes cenderung sedikit, pun jika dibandingkan dengan daerah lain yang juga melaksanakan Pilkada.

Aas Satibi menyatakan,Seluruh pihak yg terlibat dalam webinar ini menyampaikan komitmen untuk mendorong pemerintah dalam menangani dampak dari covid-19 dan terus mengedukasi masyarakat untuk menerapkan prokes secara ketat dan memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi.

Dalam webinar ini, seluruh narasumber menyampaikan apa yang sudah dilakukan dan tengah berjalan oleh pihaknya dan instansi masing-masing dalam penanganan covid-19. Adapun narasumber dari unsur Penyelenggara Pemilu juga menjelaskan tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 yang pertama kali diselenggarakan di tengah pandemi, serta perencanaan penyelenggaraan Pemilu mendatang. (red/rls)

Advertisement

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer