Connect with us

Pamulang

Petugas Damkar Tangsel Evakuasi Sarang Tawon Vespa Berukuran Raksasa di Pamulang

Sarang tawon vespa meneror warga Reni Jaya, Pamulang, Tangsel.

Kali ini penghuni rumah, Rahman (27), menjadi korban antupan sarang tawon vespa dilihatnya sejak beberapa pekan lalu dan sudah membesar.

“Dulu sempat ada, tapi menghilang. Nah ini baru ada lagi dan ukurannya makin besar,” kata Rahman saat dikonfirmasi, Selasa (4/1/2021).

Advertisement

Bahkan, Rahman mengaku pernah disengat hingga menimbulkan efek panas dingin dan gemetar.

“Baru saja kemarin malam, saya lagi tidur paha kiri saya kaya ada yang gigit. Pas saya lihat, enggak tau nya tawon ukurannya gede banget. Abis itu panas dingin, sampai saya berobat,” ujarnya.

Karena dianggapnya sudah membahayakan, ia melapor ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangsel meminta untuk dievakuasi.

Laporan tersebut diterima Komandan Regu Alpa Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangsel, Darusalam dan langsung mengevakuasi sarang tawon vespa tersebut.

Advertisement

Menurut Darusalam, ukuran sarang tawon yang ditemuinya kali ini memiliki ukuran luar biasa besar.

“Ukuran diameternya sekitar 80-90 sentimeter. Beratnya kurang lebih sampai 17 kilogram. Dia bersarang di lantai dua rumah warga, di mana ruangan tersebut dalam keadaan kosong,” ungkap Darusalam.

Untuk mengevakuasi sarang tawon raksasa itu, anggotanya harus bertindak dengan penuh kehati-hatian.

Tim Alpa sendiri menerjunkan sebanyak 4 personelnya yang sudah dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD).

Advertisement

Dalam evakuasi, ia pun sempat mengalami kesulitan. Khususnya karena pencahayaan yang kurang.

“Kita lengkap dengan APD khusus, dan kita menggunakan obat anti hama atau serangga. Untuk kesulitan, selain kurang pencahayaan, lokasi juga dipenuhi barang karena seperti gudang,” tandasnya. (wt)

Advertisement

Populer