Piala Asia 2019: Korsel Pastikan Tiket Fase Gugur Usai Taklukkan Kirgistan

By on Sabtu, 12 Januari 2019

Kabartangsel.com – Korea Selatan (Korsel) memastikan tiket ke fase gugur Piala Asia 2019, setelah meraih kemenangan 1-0 atas Kirgistan dalam pertandingan Grup C yang dimainkan di Stadion Hazza bin Zayed, Al Ain, Uni Emirat Arab pada Jumat malam WIB.

Gol semata wayang di laga ini dilesakkan Kim Min Jae pada menit ke-41, demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Kemenangan ini membawa Korsel menduduki peringkat kedua klasemen grup dengan enam poin, sekaligus memastikan mereka lolos ke fase selanjutnya, sedangkan Kirgistan berada di peringkat ketiga dengan nol poin setelah menelan dua kekalahan.

Pelatih Korsel Paulo Bento menginginkan timnya melakukan pendekatan menyerang yang proaktif setelah mereka hanya menang 1-0 atas Filipina pada pertandingan pembukaan di Grup C dan, meski timnya kembali hanya mampu menang tipis, mereka tampil lebih tajam dibanding laga sebelumnya.

Salah satu kegagalan terbesar dalam memanfaatkan peluang adalah ketika Lee Chung Yong, yang melepaskan tembakan melambung dari jarak dekat, meski Kim Min Jae mampu memecah kebuntuan sebelum turun minum.

Korsel semestinya dapat menang dengan selisih gol yang lebih banyak, di mana mereka memiliki tiga peluang yang membentur mistar gawang pada babak kedua, namun untungnya Kirgistan gagal menciptakan peluang demi peluang untuk menghukum pasukan Ginseng.

Meski tidak kesulitan mengendalikan permainan pada awal pertandingan, Korsel tidak menciptakan peluang bersih sebelum menit ke-37 dan hal itu gagal dimanfaatkan ketika Lee melepaskan sepakan melambung.

Mereka akhirnya mampu memanfaatkan superioritas mereka beberapa saat kemudian, ketika Kim menanduk bola tendangan sudut dari Hong Chul untuk menembus gawang lawan.

Kirgistan tidak menyerah begitu saja, meski mereka beruntung tidak kembali kemasukan gol pada menit ke-69, ketika sundulan Hwang Ui Jo membentur mistar gawang.

Tiang gawang kembali menyelamatkan mereka dari ancaman Hwang beberapa saat kemudian, sepakannya dari sudut sempit menghantam bagian bawah mistar gawang lewat depan wajah kiper Kutman Kadyrbekov.

Hwang Hee Chan kemudian memiliki peluang yang juga membentur mistar gawang setelah Kadyrbekov menepis umpan silang yang tertuju kepada dirinya, namun penyelesaian yang buruk dari Korsel membuat mereka gagal menambah gol.

 

Susunan pemain:

Kirgistan (3-5-2): Kutman Kadyrbekov, Daniel Tagoe, Tamirlan Kozubaev, Valerii Kichin, Kairat Zhyrgalbek, Aziz Sydykov (Vitalij Lux 70′), Edgar Bernhardt (Bakhtiyar Duyshobekov 77′), Akhlidin Israilov (Tursunali Rustamov 81′), Bekzhan Sagynbaev, Farhad Musabekov, Mirlan Murzaev

 

Korea Selatan (4-2-3-1): Kim Seung Gyu, Lee Yong, Kim Min Jae, Kim Young Gwon, Hong Chul, Hwang In Beom, Jung Woo Young, Hwang Hee Chan, Koo Ja Cheol (Joo Se Jong 63′), Lee Chung Yong, Hwang Ui Jo (Ji Dong Won 82′)

 

(Ant)

Source