Connect with us

Pemerintahan

Picu Kemacetan, Sejumlah Putaran Jalan Serpong Akan Di Tata Ulang

No U Turn Road Sign (kabartangsel)@kabar_tangsel – Sejumlah U-turn atau tempat putaran kendaraan di Jalan Raya Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal ditata ulang lantaran menjadi pemicu kemacetan parah lalu lintas.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangsel, Aries Kurniawan, mengatakan, setelah adanya peningkatan jalan diakhir tahun 2012, Provinsi Banten berencana menata u-turn di sepanjang jalan tersebut. Bahkan, sambung dia, beberapa u-turn, kata dia, akan ditutup.

Namun persisnya di titik mana saja u-turn yang akan ditutup, dia masih melihat detail enginerring design (DED) atau rancangan detil desain yang tengah digarap Pemerintah Provinsi Banten.

”DED-nya sedang dibuat pihak Pemprov Banten. Nantinya u-turn pasti ditata,” ujarnya, kemarin. Menurut dia, penataan dilakukan dengan cara melengkapi jalan tersebut dengan jalur sepeda dan jalur hijau.

Advertisement

Salah satu penataan itu dilakukan karena akan dibangunnya underpass atau jalan bawah tanah di dekat Alam Sutera. “Karena akan dibangun underpass di Alam Sutera nantinya. Ini salah satu upaya kami mengurai kemacetan,” terangnya.

Berdasarkan analisa lalu lintas, beberapa u-turn tersebut ilegal dan menyalahi aturan. Kemacetan di Jalan Raya Serpong sendiri kini telah mengalami peningkatan dimana setiap menitnya terdapat 200 kendaraan yang melintas. Di ruas jalan itu sebelumnya hanya 150 kendaraan.

“Saya lupa berapa menitnya. Namun peningkatan jumlah kendaraan yang melintasi jalan ini cukup signifikan, yakni 200 kendaran dari 150 kendaraan,” imbuhnya. (kabarbanten/tangsel)***

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer