Connect with us

Pemerintahan

Pilar Saga Ichsan: Tangsel Akan Menjadi Pilot Project Pengembangan Jaringan 5G di Indonesia

Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menjadi kota percontohan jaringan 5G di Indonesia. Demikian dijelaskan Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan usai memimpin rapat memimpin rapat pengembangan jaringan 5G di Kota Tangsel bersama Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), Rabu (6/4/2022).

“Secepatnya Tangsel akan menjadi pilot project pengembangan jaringan 5G yang dicanangkan oleh Bapak Menteri Kominfo. Kecepatan data internet memang sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas masyarakat Urban, seperti di Tangsel,” kata Pilar Saga Ichsan.

Pilar menjelaskan, Pemkot Tangsel telah memberikan wewenang kepada PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PT PITS) selaku BUMD Tangsel untuk melakukan kerjasama investasi, untuk pembangunan fasilitas ducting ataupun tiang bersama (multi purpose pole) yang bisa menaungi fiber optik, kabel listrik PLN, CCTV, dan Wifi publik secara bersama.

Advertisement

“Kedepan, para operator akan memanfaatkan jalur ini agar tidak ada lagi kabel-kabel yang semrawut dan menjuntai di pinggir jalan. Jadi jalur jaringan internet aman juga tetap menjaga keindahan estetika kota,” terangnya.

Pilar mengucapkan terimakasih kepada Kementrian Kominfo RI yang telah memberi kepercayaan bagi Tangsel menjadi kota percontohan 5G.

“Semoga pengembangan infrastruktur penunjang dan penguatan regulasi di Tangsel bisa segera kami mulai di tahun ini,” pungkasnya. (red/fid)

Advertisement

Populer