Pos Polisi Dirusak Hingga Ratusan Anggota Jadi Korban Kerusuhan 22 Mei

By on Rabu, 19 Juni 2019

Pihak kepolisian mencatat korban kerusuhan pada tanggal 22 Mei 2019 lalu di Jakarta. Polisi yang mengamanakan lokasi juga menjadi korban hingga ratusan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono membenarkan bahwa ratusan anggota Polri juga menjadi korban pada saat kerusuhan itu terjadi.

“Dari polisi ada 234 anggota Polri yang jadi korban,” ungkap Kombes Argo, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/06/2019).

Kombes Argo menyebutkan bahwa terjadi kerusakan gedung atau fasilitas umum akibat kerusuhan yang terjadi pad 22 Mei lalu. Kerusakan yang terjadi juga menimpa beberapa pos polisi hingga ruko milik warga.

“Ada kerusakan bangunan, ada di mess (Brimob) Petamburan Jakbar, Polsubsektor Petamburan, Polsubsektor Sabang, Pos Lantas Sarinah, Pos Lantas Slipi Jaya dan Pos Lantas Cut Meutia dan 3 ruko terbakar di Petamburan,” jelas Kombes Argo, panjang lebar.

Dalam kerusuhan tersebut, mobil Brimob pun ikut menjadi korban pengerusakan dan pembakaran oleh massa perusuh.

“Juga ada kendaraan (yang dirusak, red) yaitu ada 15 buah di Asrama (Brimob) Petamburan, kemudian ada 29 mobil rusak sedang dan rusak parah. Ada 2 bus Brimob dibakar, 2 bus Brimob di rusak, 2 truk Brimob dirusak dan 1 truk Rubicon Brimob dirusak, juga 1 Toyota Rush (mobil) dinas Brimob dirusak ini yang di daerah Palmerah,” terangnya.

“Kita ada juga yang di pospol sektor Sabang ada 4 kendaraan dinas polisi yang dibakar,” lanjutnya.

Untuk diketahui, perusuh yang berhasil diamankan 447 pelaku perusuh. Dari jumlah pelaku tersebut terdapat 35 tersangka anak di bawah umur.

Selain itu, hingga saat ini polisi masih melakukan penyelidikan dalam kasus itu. Polisi juga masih mencari dalang yang bertanggung jawab penuh dalam kerusuhan tersebut. (pmj).