Connect with us

Kota Tangerang

PPDB di Kota Tangerang, Diskominfo Persiapkan Delapan Server

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD Negeri di Kota Tangerang telah dibuka, khususnya Jalur Afirmasi, Senin (13/6/2022).

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) pun memberikan sederet dukungan, untuk menyukseskan pelaksanaan PPDB di Kota Tangerang, baik pada tingkat SDN maupun SMPN.

Kepala Diskominfo, Kota Tangerang, Indri Astuti mengungkapkan secara pelaksanaan Diskominfo menyiapkan empat server fisik dan delapan server online, yang dikendalikan untuk menangani lonjakan trafik pendaftaran.

Advertisement

“Dalam penggunaanya, tim Diskominfo telah melakukan assesmen server atau uji coba. Alhamdulillah, pada proses percobaan kemarin tidak ada kendala, dan pelaksanaan hari pertama hingga siang ini tidak ada kendala yang serius. Semua masih dapat ditangani oleh tim yang bertugas,” ungkapnya.

Ia pun menjelaskan, selain menyiapkan server dengan kecepatan jaringan yang memadai. Diskominfo juga menyiagakan 20 personil baik terkait aplikasi maupun keamanan server.

“Tim ini disiagakan 24 jam, yang juga bertugas memantau keamanan operator PPDB diseluruh sekolah SDN maupun SMPN,” katanya.

Kata Indri, sebelum pelaksanaan PPDB dimulai, Diskominfo juga telah membuat website PPDB publik yang menampilkan seluruh informasi PPDB di laman ppdb.tangerangkota.go.id. Selain itu website pendaftaran di ppdbmandiri.tangerangkota.go.id yang dapat digunakan wali murid untuk mendaftarkan anaknya secara mandiri, ganti pilihan sekolah hingga proses daftar ulang.

Advertisement

“Diskominfo juga telah membuat aplikasi pendaftaran berbasis android dan IOS yaitu aplikasi PPDB Online. Tak ketinggalan membuat aplikasi untuk operator sekolah, yang digunakan operator untuk mendaftarkan calon peserta didik yang mendaftar dengan cara datang langsung ke sekolah,” jelasnya.

Indri berharap, dengan sederet dukungan Diskominfo dalam pelaksanaan PPDB Kota Tangerang tahun ajaran 2022/2023 ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

“Diskominfo bisa pastikan, server dan jaringan aman terkendali, dengan pengawasan intens. Sehingga PPDB Kota Tangerang dapat berlangsung dengan lancar,” tandasnya. (KEY/WT)

Advertisement

Populer