Psoriasis Kulit Kepala Bisa Bikin Rambut Gampang Rontok, Kok Bisa?

By on Selasa, 19 Maret 2019

Psoriasis tidak hanya bisa terjadi di bagian luar siku, lutut, atau kuku, tapi juga bisa muncul di kulit kepala. Jenis psoriasis ini menyebabkan kepala terasa kering dan sangat gatal. Bukan cuma itu, rambut Anda juga cenderung lebih cepat rontok karena efek psoriasis kulit kepala. Kok bisa, ya?

Apa itu psoriasis kulit kepala?

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), sebanyak 50 persen orang yang memiliki psoriasis di bagian tubuh manapun rentan mengalami psoriasis kulit kepala. Ini artinya, sekali Anda terkena psoriasis, entah itu di siku, lutut, atau kuku, maka Anda juga berisiko terkena psoriasis di kepala.

Psoriasis kulit kepala sering kali disalahartikan dengan ketombe, karena keduanya sama-sama menyebabkan kulit kepala gatal. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, gejala ketombe dan psoriasis sangat berbeda.

Psoriasis mempunyai gejala yang khas, yaitu kulit yang menebal, merah, dan bersisik. Psoriasis di kulit kepala umumnya akan terasa gatal, sakit, dan bahkan terasa panas. Tidak hanya terjadi di kulit kepala saja, psoriasis ini juga bisa menyebar ke dahi, belakang leher, hingga area di sekitar telinga.

Kenapa psoriasis bisa bikin rambut rontok?

rambut rontok setelah melahirkan

Dilansir dari WebMD, psoriasis kulit kepala itu sendiri sebetulnya tidak menyebabkan rambut rontok. Kebiasaan Andalah yang menyebabkannya.

Anda biasanya akan tergoda untuk menggaruk kepala ketika terasa gatal. Alih-alih meredakan gatal, hal ini justru memperparah gatal di kepala. Bahkan tanpa disadari, kebiasaan ini pula yang menyebabkan rambut Anda rontok sementara.

Proses pergantian sel-sel tubuh, termasuk sel kulit kepala, pada orang sehat biasanya memakan waktu sekitar satu bulan. Namun pada orang dengan psoriasis, proses ini hanya terjadi dalam waktu beberapa hari. Walaupun sekilas tampak menguntungkan, regenerasi sel kulit yang terlalu cepat justru menyebabkan kulit jadi menumpuk dan menebal.

Semakin tebal kulit yang tumbuh di kepala, maka rasa gatalnya juga akan semakin kuat. Ketika Anda menggaruk kepala dengan keras, hal ini menyebabkan kulit kepala jadi rusak. Akibatnya, pertumbuhan rambut jadi terganggu dan menyebabkan rambut rontok.

Namun jangan khawatir dulu. Kabar baiknya, rambut rontok akibat psoriasis kulit kepala hanya bersifat sementara. Rambut Anda akan tumbuh lagi setelah kulit kepala bersih dari psoriasis.

Cara mengatasi rambut rontok akibat psoriasis

pakai conditioner

Meskipun hanya bersifat sementara, Anda tentu tidak ingin rambut Anda rontok terus-terusan, bukan? Tenang, ada sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok karena psoriasis, di antaranya:

1. Pakai kondisioner

Conditioner atau kondisioner sangat penting bagi penderita psoriasis kulit kepala. Pasalnya, produk perawatan rambut yang satu ini dapat melembapkan kulit kepala, menenangkan peradangan, dan mengurangi gatal akibat psoriasis.

Selain pakai kondisioner secara rutin, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan produk rambut yang mengandung mentol. Sensasi dinginnya akan membantu mengurangi nyeri dan peradangan di kulit kepala.

2. Krim atau salep

Ada sejumlah krim atau salep yang dapat meringankan atau mencegah psoriasis kepala semakin banyak. Biasanya, krim atau salep tersebut mengandung asam salisilat yang berfungsi untuk meningkatkan kelembapan dan membantu mengangkat sisik psoriasis kulit kepala.

Berikut ini beberapa obat psoriasis dari dokter yang mengandung asam salisilat, di antaranya:

  • Anthralin, untuk menormalkan pertumbuhan kulit dan menghilangkan sisik psoriasis.
  • Antimikroba, untuk mencegah infeksi bakteri atau jamur yang bisa memperparah gejala psoriasis.
  • Calcipotriene, suatu turunan vitamin D. Vitamin D berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengobati psoriasis.
  • Krim steroid.
  • Tazarotene, suatu turunan dari vitamin A. Vitamin A ini berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit di kepala.

Krim ini tidak hanya dioleskan pada rambut, tapi oleskan juga ke kulit kepala supaya akar rambut jadi lebih kuat. Gunakan secara rutin selama 8 minggu atau lebih sampai kulit kepala Anda sembuh dari psoriasis.

Kabartangsel.com

Source