Puluhan Pondok Pesantren di Kota Tangsel Adakan Gerakan Ro’an Akbar “Jaga Hati Jaga Bumi” 2019

By on Rabu, 9 Oktober 2019

TANGSEL – Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2019, puluhan Pondok Pesantren di Kota Tangsel mengadakan Gerakan Ro’an Akbar di Ponpesnya masing-masing. Gerakan Ro’an Akbar ini secara serentak dilakukan pada Ahad (06/10/2019) dengan mengambil tema “Jaga Hati Jaga Bumi.”

Ro’an adalah tradisi kerja bakti membersihkan lingkungan Pondok Pesantren yang dilakukan oleh para santri. Gerakan Ro’an Akbar “Jaga Hati Jaga Bumi” adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut peringatan Hari Santri Nasional tahun 2019, di mana kegiatan ini telah dijadwalkan untuk dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Pondok Pesantren di Indonesia.

Kegiatan ro’an umumnya dilakukan seminggu sekali yang biasanya pada hari Jum’at saat libur. Para santri membersihkan lingkungan pesantren dan lingkungan masyarakat sekitar. Oleh karena pada Ahad, 6 Oktober 2019 bertepatan dengan hari libur, maka seluruh elemen yang ada di Pondok Pesantren Pondok Pesantren turut berpartisipasi dalam gerakan Ro’an Akbar ini.

Kasi Pakis Kemenag Tangsel, Muhammad Edi Suharsongko, turut memantau kegiatan Ro’an Akbar tersebut. Gerakan Ro’an Akbar ini juga diikuti oleh seluruh ustadz/ustadzah dan santri, serta masyarakat yang ada di sekitar pesantren. Pondok Pesantren merupakan salah satu tupoksi di bawah tanggung jawab Seksi Pakis Kemenag Tangsel.

Edi Suharsongko mengingatkan bahwa kebersihan itu sebagian dari iman, sehingga kegiatan membersihkan bukan hanya dilaksanakan pada hari-hari tertentu saja, tapi harus tetap dijaga setiap harinya.

“Menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar sangat penting. Karena dengan kegiatan semacam ini bumi yang telah kita tempati ini akan memberikan timbal balik kepada kita sesuai dengan apa yang kita perbuat,” tegasnya.

Selain itu, tambahnya, kegiatan ro’an ini agar para santri disiplin dan peduli dengan diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Edi juga menjelaskan kegiatan Ro’an Akbar ini merupakan salah satu agenda Hari Santri Nasional, berdasarkan Surat Edaran Kementerian Agama RI nomor 39 Tahun 2019 tentang Ro’an Akbar.

“Selain kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan pesantren atau lingkungan masyarakat sekitar, penanaman pohon di lingkungan pesantren atau lingkungan masyarakat sekitar juga dilakukan sesuai dengan tema Jaga Hati Jaga Bumi. Dan yang tidak kalah penting dari kegiatan Ro’an ini bukan hanya sekedar membersihkan yang tampak saja, tetapi kita niatkan membersihkan hati dari sifat riya, takabur, dan dengki,” tandasnya.

Tercatat ada 28 Pondok Pesantren di Kota Tangsel yang secara serentak mengadakan gerakan Ro’an Akbar Jaga Hati Jaga Bumi, pada Ahad, 6 Oktober 2019, yaitu Pondok Pesantren:

  1. Sabiluna Pondok Ranji Ciputat
  2. Atsaniyah Serpong
  3. Al Intiba Ciputat
  4. Al Amanah Al Gontory Parigi Pondok Aren
  5. Madinatunnajah Ciputat
  6. Darus Sunnah Ciputat Timur
  7. Darul Hikmah Ciputat
  8. Daarut Tauhid Ciputat
  9. Nurul Hikmah Ciputat
  10. Al Matiin Ciputat
  11. Umul Quro Pamulang
  12. Ainur Rahmah Serpong
  13. Baitul Ilmi Ciputat
  14. Al Ikhwaniyah Pondok Aren
  15. Bait Al Quran Mulia Ciputat
  16. Al Barkah Islamiyah Pondok Aren
  17. Sunanul Husna Pondok Ranji
  18. Al Amanah Al Bantani Setu
  19. Bani Abbas Ciputat
  20. Al Mukriyah Pondok Aren
  21. Nurut Darut Ibtidak Setu
  22. Ar Raisiyah Pamulang
  23. Markaz Hadits Serpong
  24. Al Amanah Nusantara Ciputat
  25. As Salam Ciputat
  26. Jam’iyah Islamiyah Pondok Aren
  27. Al Quraniyah Pondok Aren
  28. Darus Syiasah Serpong Utara. (Kemenag Tangsel)