Punya Batik Khas Daerah, Tangsel Ikut Serta Lestarikan Batik

Senin, 2 Oktober 2017
Netty Fariza Perajin Batik Netty Fariza

Kabartangsel.com – Walikota Airin Rachmi Diany mengatakan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ikut serta melestarikan budaya batik dengan memiliki batik khas daerah. Airin jelaskan, batik Tangsel memiliki corak yang khas dan tidak kalah saing dengan produksi batik lainnya.

“Dalam mendukung hal tersebut, pemerintah Kota mendukung pengrajin batik yang ada di kota Tangerang Selatan melalui Dinas Koperasi dan UMKM dengan memberikan pelatihan kepada pengrajin batik,” paparnya saat memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Batik Nasional Tingkat Kota Tangsel, di Serpong, Senin (02/10/2017).

Pelatihan ini bertujuan agara para perajin batik memiliki inspirasi dan pengetahuan yang tinggi dalam membuat batik yang berkualitas, sehingga batik Tangsel dapat di kenal di seluruh Indonesia maupun mancanegara.

Airin mengaku bangga, batik telah dikukuhkan oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 silam sebagai warisan budaya tak benda peninggalan budaya dunia.

“Pengukuhan tersebut merupakan sebuah kebanggaan serta tantangan bagi para pemangku kepentingan batik untuk selalu menjaga serta melestarikan serta memelihara batik secara berkelanjutan sebagai warisan budaya,” kata Airin. (fid)