Rapat Kerja KKM MTsN 1 Tangsel Tahun 2019

By on Rabu, 26 Juni 2019
Rapat Kerja KKM MTsN 1 Tangsel Tahun 2019

BANDUNG (Kabartangsel.com) – Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTsN 1 Tangsel menggelar Rapat Kerja (Raker) pada Senin 24-26 Juni 2019 bertempat di Hotel Lembang Asri Bandung Barat Jabar.

Raker dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, dan dihadiri oleh Ketua KKM MTsN 1 Tangsel, Ulik Widiantoro, TU MTsN 1 Tangsel, Jalal, dan para Kepala Madrasah Tsanawiyah se-kota Tangsel.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Kepala Kantor menyambut baik diadakannya Raker tersebut. Dirinya mengatakan bahwa saat ini sekolah bercorak Islam banyak digemari oleh masyarakat karena dinilai menanamkan budaya Islami, dikelola secara profesional sehingga lebih bermutu dan berkualitas.

Menurutnya, ada dua kategori corak sekolah Islam yaitu, yaitu perenialisme atau keinginan yang kuat dari sekolah Islam untuk mencontoh seperti zaman salaf yang ciri khasnya adalah kekuatan hafalan Alquran. Maka saat ini banyak sekolah Islam yang bercirikan Tahfidz.

Kedua esensialisme, yaitu corak pendidikan Islam yang mengkhususkan pada penguasaan literasi Islam kitab kuning. Maka banyak sekolah Islam yang menerapkan pembelajaran kitab kuning.

“Saya berharap dalam Raker KKM MTsN 1 Tangsel ini dirumuskan ciri khas apa yang akan diterapkan oleh Madrasah Tsanawiyah di kota Tangsel, karena Raker adalah momen yang sangat strategis dalam merumuskan ciri khas tersebut. Apakah bidang Tahfidz Alquran atau penguasaan literasi Islam kitab kuning,” tegas kepala Kantor.

Sementara itu, Ketua KKM MTsN 1 Tangsel, Ulik Widiantoro, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan arahan Kepala Kantor Kemenag Tangsel, dan para kepala MTs yang hadir pada Raker tersebut.

“Rapat kerja KKM MTsN 1 Kota Tangsel  ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai bentuk evaluasi program KKM selama satu tahun lalu dan mewujudkan program satu tahun ke depan dengan tujuan terwujudnya arah kebijakan, program kerja, organisasi, dan pembiayaan KKM yang efektif dan efisien,” jelasnya.

Dirinya berharap hasil dari Raker tersebut menjadikan madrasah semakin unggul dalam prestasi maupun dalam teknologi.

“Oleh karenanya, kita semua berharap seluruh peserta Raker serius dalam menyusun program untuk pijakan satu tahun ke depan. Hendaknya program yang nantinya dirumuskan dapat bersinergi dengan program Dikmad, pengawas dan Kemendiknas,” tambahnya.

Raker yang digelar dalam rangka merumuskan program untuk Tahun Pelajaran 2019/2020 ini mempunyai visi “Terwujudnya Madrasah Unggul, Bermartabat, dan Modern”.

Anggota KKM MTsN 1 Kota Tangsel saat berjumlah 47 MTs, terdiri dari satu MTs Negeri dan 46 MTs Swasta yang berada di 7 wilayah Kecamatan, yaitu : Pamulang, Ciputat, Ciputat Timur, Pondok Aren, Serpong, Serpong Utara dan Setu. (Kemenag Tangsel)