Connect with us

Tangerang Selatan

Ratusan Santri Ponpes Ummul Qura Tangsel Divaksin Covid-19

Ratusan santri pondok pesantren Ummul Qura menerima Vaksinasi Massal, Ahad (01/08/2021). Kegiatan vaksinasi massal tersebut digelar atas kerjasama Badan Intelijen Negara (BIN).

Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan mengatakan vaksinasi massal bagi santri dan siswa itu digelar secara door to door ke pondok pesantren (Ponpes) dan Madrasah di provinsi Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan. Selain melaksanakan vaksinasi mereka juga turut membagikan sembako dan vitamin.

“Kami sebarkan vaksin dan sembako beserta vitamin yang dikhususkan untuk Pondok Pesantren (Ponpes), Tsanawiyah, pelajar SMP dan SMA, door to door vaksin, serta bantuan sosial (bansos),” ujarnya.

Advertisement

Budi menjelaskan vaksinasi massal bagi santri dan siswa ini merupakan tindak lanjut atas perintah Presiden Jokowi. Harapannya dapat menekan angka penyebaran Covid-19 di kalangan anak-anak.

“Nanti setelah anak-anak sudah divaksin, harus diberi pengertian untuk tetap selalu menerapkan prokes (protokol kesehatan). Karena, anak-anak di masa pandemi Covid-19 harus diberikan perhatian khusus,” jelasnya.

Di sisi lain, Budi mengungkapkan tujuan vaksinasi ini ialah agar terciptanya herd immunity, sekaligus sebagai upaya untuk memenuhi target pemerintah terkait akselerasi program vaksinasi tiga juta dosis per hari.

“Diharapkan program vaksinasi pemerintah bisa menggapai target, sehingga target herd immunity atau kekebalan komunal pun bisa mencapai 70 persen pada akhir tahun 2021 nanti,” katanya.

Advertisement

Ditambahkannya, pembagian sembako diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Dia tak memungkiri bahwasa bantuan tersebut sangat diperlukan bagi masyarakat.

“Bagi para penerima, kami harapkan bantuan ini bisa bermanfaat, bagi dirinya dan keluarga. Karena di kondisi seperti ini, bantuan pun sangatlah penting untuk mereka,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, mengucap syukur dan terima kasih kepada BIN yang telah mengadakan vaksinasi massal bagi santri di Pondok Pesantren.

“Insya Allah vaksinasi massal secara bertahap juga akan dilaksanakan di Pondok Pesantren dan madrasah lainnya di kota Tangsel,” ucapnya.

Advertisement

Kepala Kantor berharap semoga Vaksinasi bagi santri ini sebagai sarana menambah kekuatan imun tubuh para santri sebagai elemen terpenting bangsa calon-calon pemimpin masa depan

Hal senada juga disampaikan pimpinan Ponpes Ummul Qura, KH Syarif Rahmat, yang merasa senang lantaran ponpesnya dipilih sebagai lokasi vaksinasi bagi kalangan santri. Selain santri binaannya, anak-anak di sekitar Ponpes pun ikut divaksinasi.

“Alhamdulillah, ini bagian dari ikhtiar agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan. Jika seluruh masyarakat Indonesia sadar pentingnya ikhtiar dan doa, serta melakukan Protokol Kesehatan dengan benar, Insya Allah Pandemi Covid-19 akan segera berakhir,” tuturnya.

Pelaksanaan Vaksinasi Massal di Pondok Pesantren Ummul Quro bagi para santri juga disaksikan oleh Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie. (afm/fid)

Advertisement

Populer