[SALAH] “Pesawat-pesawat PAF menciptakan formasi yang indah dari nama Allah di langit”

By: Rabu, 27 Maret 2019
[SALAH] "Pesawat-pesawat PAF menciptakan formasi yang indah dari nama Allah di langit"

Bukan oleh PAF, formasi tidak sengaja dibentuk oleh TNI AU di 3 Mei 2017 dalam acara Jogja International Air Show. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/2YrXypi https://archive.fo/gUf1U, artikel oleh “TNS World”.

Lihat bagian CATATAN di akhir post untuk sumber yang lain.

======

NARASI

“Pakistan-Day: Pesawat-pesawat PAF menciptakan formasi yang indah dari nama Allah di langit

Oleh Dunia TNS – 23 Maret 2018 6:58 sore

(foto)

Islamabad, 23 Maret (TNS): Menjelang Hari Pakistan, pesawat-pesawat Angkatan Udara Pakistan menciptakan formasi yang indah dari nama Allah di atas langit Islamabad. …”

Salinan narasi selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • Artikel SUMBER membagikan foto formasi oleh TNI AU di 3 Mei 2017 dalam acara Jogja International Air Show.
  • Klaim SUMBER di “Menjelang Hari Pakistan, pesawat-pesawat Angkatan Udara Pakistan menciptakan formasi yang indah dari nama Allah di atas langit Islamabad” adalah keliru. Dalam hal lokasi acara, tanggal, dan pelaksana.

——

(2) Informasi berkaitan mengenai sumber foto,

  • Salah satu berita yang berkaitan, detikNews @ 3 Mei 2017: “TNI AU: Manuver Tim Jupiter Tak Disengaja, Mungkin Kebesaran Allah”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.
  • Sumber foto, http://bit.ly/2JFFDID “Dinda Meutia Anggraeni” (instagram.com/dindindaanggraeni) @ April 30th 2017: ” ALLAH “

Jogja international air show 2017

#jupiteraerobaticteam #jogjainternationalairshow2017 #streetphotography #sonyid #sony #instastreetid #instasunda #jogjaku #jogjalantaidua #jogjaningratan #instafotka053 #passionplanner #pewartafotoindonesia #photography #jogjakarta #fotokitaid #geonusantara #myphotobeginshare #exploreindonesia #explorejogja #streetphotographyinternational #way2ill #wanderlust”.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2JEKxp3 detikNews: “Rabu 03 Mei 2017, 12:40 WIB

TNI AU: Manuver Tim Jupiter Tak Disengaja, Mungkin Kebesaran Allah

Elza Astari Retaduari – detikNews.

(foto)
Dinda Meutia Anggraeni, ig: @dindindaanggraeni

Jakarta – Atraksi Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU kembali mencuri perhatian karena manuvernya memunculkan lafal Allah di langit Yogyakarta. TNI AU mengatakan itu tidak disengaja.

Pada gambar yang viral di media sosial, terlihat Tim Jupiter tengah beraksi. Foto tersebut diambil dalam acara Jogja International Air Show (JIAS) 2017 yang digelar di Pantai Depok, Bantul, pada Minggu (30/4) kemarin.

“Air show dalam rangka bulan Dirgantara di Yogya,” ujar Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (3/5/2017).

Di foto yang viral ini, terlihat 6 pesawat membentuk formasi. Dua di paling ujung bahkan dalam posisi miring. Dari asap yang dikeluarkan 6 pesawat itu, ternyata membentuk lafal Allah.

Namun ternyata, hal tersebut bukanlah disengaja. Formasinya memang sudah dilatihkan, tapi untuk bentuk lafal Allah, Jemi mengatakan bukan bentuk kesengajaan.

“Tidak sengaja, itu mungkin kebesaran Allah, sehingga bisa membentuk tulisan Allah,” jelasnya.

Tim Jupiter memang memiliki banyak manuver dalam setiap penampilannya. Namun yang paling terkenal adalah manuver nya yang membentuk hati atau love di udara.

“Kalau yang love memang formasi yang dibuat dan dilatihkan,” terang Jemi.

Berbagai manuver Tim Jupiter lainnya seperti menyilang, manuver olak-alik dan meluncur tegak lurus ke atas. Biasanya 6 pesawat jenis KT-1 Wong Bee tersebut mengeluarkan asap di ekornya. Atraksi Tim Jupiter yang menegangkan menjadi daya tarik tersendiri.
(elz/van)”.

——

(2) TNS World: “Pakistan-Day: Pesawat-pesawat PAF menciptakan formasi yang indah dari nama Allah di langit

Oleh Dunia TNS – 23 Maret 2018 6:58 sore

(foto)

Islamabad, 23 Maret (TNS): Menjelang Hari Pakistan, pesawat-pesawat Angkatan Udara Pakistan menciptakan formasi yang indah dari nama Allah di atas langit Islamabad.

Hari Pakistan ke-78 dirayakan pada hari Jumat dengan semangat tradisional dan semangat untuk menandai resolusi Lahore menuntut tanah air yang terpisah untuk Muslim di Asia Selatan.

Acara utama untuk memperingati hari nasional yang diadakan di tanah parade di mana pasukan berbaris lewat sementara jet tempur menyajikan masa lalu terbang. Pelampung yang menggambarkan budaya dari berbagai daerah juga ditampilkan pada kesempatan itu.

Perdana Menteri Shahid Khaqan Abbasi, Menteri Pertahanan Khurran Dastgir, ketiga kepala dinas dan pejabat tinggi lainnya juga menyaksikan pawai tersebut.

Presiden Sri Lanka Maithripala Yapa Sirisena berpartisipasi dalam acara tersebut sebagai tamu istimewa sementara delegasi dari Turki, Malaysia, UEA, Arab Saudi dan Cina juga menyaksikan pawai tersebut.”

(Google Translate, http://bit.ly/2UYdfCu).

======

CATATAN

  • Disebarkan juga melalui pesan berantai Whatsapp menggunakan narasi “The Royal NewZealand Air Force – ALLAH written on the sky”, sepertinya disebarkan berkaitan dengan insiden penembakan massal baru-baru ini di Selandia Baru.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/861927367473133/, versi Bahasa Indonesia dari post https://turnbackhoax.id/2019/03/26/false-paf-aircrafts-create-a-beautiful-formation-of-allahs-name/

https://platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Copyright ©