Connect with us

Serpong

Sambut Ulang Tahun ke 54, Batan Gelar Atomos Day

Untuk memeriahkan HUT BATAN ke-54, yang tepatnya tanggal 5 Desember 2012, sekaligus memperkenalkan produk-produk hasil litbang iptek nuklir yang telah dicapai kepada masyarakat, digelar kegiatan Atomos Days di Taman Kota Bumi Serpong Damai (BSD), Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (02/12/12).

 Tepat pukul 07.00 WIB, kegiatan diawali dengan jalan sehat sekitar Taman Kota BSD, dengan melepas lebih dari 2000 peserta, oleh Kepala BATAN Prof. Dr. Djarot S. Wisnubroto. Rute Jalan sehat kali ini mengelilingi Jalan Raya di sekitar Taman Kota BSD. Atomos Days dibuka oleh Kepala BATAN Prof. Dr. Djarot S. Wisnubroto bersama Walikota Tangerang Selatan Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH. dengan menekan tombol sirine.

Dalam sambutannya Walikota Tangerang Selatan, Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH menyatakan, bahwa BATAN merupakan bagian dan aset Kota Tangsel, telah banyak memberikan sumbangsih kepada masyarakat Kota Tangsel. Airin berharap, ke depan lebih ditingkatkan lagi. Airin berkeinginan untuk bekerjasama dalam hal pemanfaatan iptek nuklir yang bisa dirasakan oleh masyakarat Tangsel. “Kalau kita bicara nuklir sering kali merasa takut, tetapi saya yakin, dan percaya banyak sekali potensi dan manfaat yang kita dapatkan,” tambahnya.

Menurut Kepala BATAN Prof. Dr. Djarot S. Wisnubroto, bahwa Atomos Days yang merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun ke-54 BATAN ini, bertujuan untuk mendekatkan BATAN dengan seluruh masyarakat, yang kali ini dengan masyarakat Serpong. “Semoga apa yang kita cita-citakan bahwa nuklir untuk kesejahteraan masyarakat bisa tercapai,” kata Djarot.

Kepala Pusat Diseminasi Iptek Nuklir (PDIN-BATAN) Ir. Ruslan, ketika diwawancarai salah satu stasiun TV swasta, menyatakan bahwa telah banyak produk hasil litbang iptek nuklir, yang dihasilkan BATAN, yang perlu dikehui oleh masyarakat. “Merupakan tantangan BATAN, untuk menghasilkan produk yang lebih banyak lagi, untuk dimanfaatkan oleh masyarakat”, kata Ruslan.

Advertisement

Ruslan berharap, dari kegiatan ini masyarakat makin banyak yang mengetahui produk-produk, yang dihasilkan oleh BATAN, dan masyarakat tidak hanya mengenal nuklir yang membahayakan, tetapi nuklir juga banyak manfaatnya.

Selain jalan sehat, serangkaian event yang diselenggarakan dalam Atomos Days antara lain senam aerobic, musik performance, angklung, pameran teknologi nuklir, peragaan penanaman bibit unggul padi hasil litbang iptek nuklir, pembagian door prize, pengumuman pemenang Lomba Jurnalistik media massa, online dan medai cetak, serta live show salah satu stasiun TV swasta.

Wartawan yang menjadi pemenang dari media cetak mulai juara pertama hingga ke 3 diraih Koran Tempo, yaitu: Anton William, Mahardika, dan Titto. Kemudian untuk media online, pemenang pertama dari Kompas.com, kedua LKBN Antara, dan ketiga Republika.co.id . Sumber: batan.go.id

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer