Connect with us

Tangerang Selatan

Sarana Publik dan Pengendalian Banjir, DPU Tangsel Tata 4 Lokasi

Published

on

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) terus melakukan penataan daerahnya. Salah satunya melalui Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU), yang menggarap empat pekerjaan besar di empat lokasi di Kota Tangsel pada tahun anggaran 2021 ini.

Pekerjaan itu antara lain, Pembangunan Prasarana Kali Jaletreng Segmen Insan Cendikia di Serpong. Kegiatan ini merupakan penataan lanjutan, dengan panjang pekerjaan mencapai 310 meter.

Ada beberapa pekerjaan yang dilakukan. Mulai dari pembangunan jogging track sepanjang jalur, selasar, taman bermain, taman study dan taman gazebo.

Advertisement

“Fungsinya untuk mengoptimalisasi fungsi dan peningkatan kapasitas tampung sungai. Sehingga dapat mengendalikan debit air yang masuk ke Sungai Cisadane,” kata Kepala DPU Kota Tangsel, Aries Kurniawan.

Kali Jaletreng ini juga didapuk sebagai Destinasi Wisata yang menjadikan kawasan sempadan sungai tertata sesuai dengan nilai estetika dan tata ruang kota.

Pekerjaan selanjutnya, yakni Pembangunan Tandon Lengkong Karya di Serpong. Di tandon seluas 2,9 hektar ini, Bidang SDA membangun jogging track sepanjang 1.357 meter. Selain itu, dibangun pula sarana pendukung lain, seperti Lining Beton + Grass Block, Pagar Stainless, Pagar Panel serta Bangunan Pendukung.

“Tandon Lengkong Karya ini melengkapi tandon lain yang sudah dibangun. Fungsinya untuk pengendalian banjir maupun ketersediaan air bagi kesejahteraan masyarakat. Selain itu, bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menjadi tempat wisata, kawasan konservasi air, ecowisata, ruang terbuka hijau dan ruang publik untuk masyarakat,” beber Aries.

Advertisement

DPU Kota Tangsel juga melakukan pekerjaan di Pamulang, yakni Pembangunan Prasarana Kali Cibenda Hulu Segmen Reni Jaya. Di lokasi ini, dibangun turap dengan beton bertulang dan jogging track sepanjang 430 meter.

“Pelaksanaan memperbaiki infrastruktur serta ekosistem lingkungan secara keseluruhan sehingga kawasan sungai dan sempadannya tertata sesuai dengan nilai estetika serta tata ruang kota,” tandasnya.

Selain ketiga kegiatan di atas. DPU Tangsel juga melakukan penataan Tandon Lengkong Wetan di Serpong. Di tandon dengan luas 5,9 hektar ini dibangun juga jogging track sepanjang 1.200 meter.

Lahan tandon dengan luas total 6,6 hektar juga dibangun saran pendukung lain. Seperti pembangunan pagar dan saluran beton bertulang.

Advertisement

“Pelaksanaan Memberikan manfaat bagi masyarakat, baik dalam hal pengendalian banjir maupun
ketersediaan air yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (ADV)

Populer