Connect with us

Hukum

Sejumlah Terduga Teroris MIT Poso Telah Baiat ke Pemimpin Baru ISIS

Densus 88 AT Polri berhasil menangkap 24 tersangka teroris jaringan MIT Poso dan ISIS. Polri mengatakan sebagian dari mereka telah berbaiat kepada pemimpin baru ISIS, yakni Abu Hasan al-Hashemi al-Qurashi.

“Di mana kita ketahui organisasi ISIS sudah memiliki pemimpin yang baru. Jadi beberapa orang ini telah melakukan baiat kepada pemimpin ISIS yang baru, yaitu Abu Hasan al-Hashemi al-Qurashi,” jelas Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Ahmad Ramadhan, S.H., M.H., M.Si., Selasa (17/5/2022).

Karo Penmas menambahkan bahwa para teroris juga kerap mengikuti pelatihan-pelatihan. Selain itu, mereka telah melakukan baiat kepada amirul mukminin.

Advertisement

“Secara umum mereka beberapa kali mengikuti kegiatan i’dad atau pelatihan-pelatihan, kemudian telah melakukan kegiatan baiat kepada amirul mukminin,” katanya.

Selanjutnya, para tersangka juga disebut membantu menyiapkan logistik amunisi di jaringan ini serta menyembunyikan informasi-informasi kegiatan tersebut.

“Kemudian memberikan dukungan kepada kelompok MIT Poso berupa berencana bergabung bersama kelompok MIT, kemudian membantu penyiapan logistik, termasuk logistik amunisi dan menyembunyikan informasi-informasi terkait dengan kegiatan MIT Poso itu sendiri,” pungkas Jenderal Bintang Satu itu.

Advertisement

Populer