Seksi Pakis Kemenag Tangsel Adakan Workshop Peningkatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

By on Kamis, 7 November 2019
Seksi Pakis Kemenag Tangsel Adakan Workshop Peningkatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

SERPONG (Kabartangsel.com) – Seksi Pendidikan Islam dan Keagamaan Islam (Pakis) Kemenag Tangsel, pada Kamis (07/11/2019) mengadakan workshop Peningkatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) yang dilaksanakan di aula MAN Insan Cendikia Serpong, Tangerang Selatan.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, Kasubag TU, Nurhasan, Kasi Pakis, M. Edi Suharsongko, pengawas PAI, dan para guru PAI mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK.

Kepala Kantor yang hadir sebagai salah satu Narasumber menegaskan pentingnya program Peningkatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi seorang guru.

“Ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru, terutama para guru PAI di sekolah umum. Oleh karena itu dalam Program PPKB ini yang menjadi indikatornya adalah aspek pengembangan diri, karya tulis ilmiah, dan inovasi pembelajaran,” ujarnya.

Kepala Kantor juga menegaskan agar para guru PAI aktif menulis karya ilmiah, baik dalam bentuk penelitian kelas maupun penelitian sosial pendidikan lainnya.

“Kita memiliki banyak ahli untuk mengkaji dan menerbitkan karya tulis dari para guru PAI di Tangsel. Jika bagus dan dipandang berpengaruh pada peningkatan kualitas pendidikan, Kemenag Tangsel siap memfasilitasi penerbitannya,” tandasnya.

Kegiatan ini menghadirkan empat  Narasumber, yaitu Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak membawakan materi tentang “Kebijakan Pemerintah tentang PPKB”. Narasumber kedua Kasubag TU, Nurhasan, membawakan materi tentang “Penilaian Kinerja Guru dan Pengawas.”

Narasumber ketiga Kasi Pembinaan Keagamaan Siswa Direktorat PAI Ditjen Pendis Kemenag RI, Herman, memaparkan materi tentang “Kebijakan dan Pengembangan Kepengawasan.” Dan Narasumber terakhir, Kasi Pakis, M. Edi Suharsongko, memaparkan materi tentang “Penyusunan Program PPKB.”

Kasi Pakis Kemenag Tangsel, M. Edi Suharsongko berharap dengan mengikuti kegiatan PPKB ini kompetensi para guru PAI di kota Tangsel semakin meningkat dan berkualitas. (Kemenag Tangsel)