Connect with us

Tangsel

Selama Libur Lebaran, Petugas Medis di RSUD Tangsel Tetap Siaga 24 Jam

RSUD Tangsel (RSU Tangerang Selatan). Photo: kabartangsel.com

Untuk memberi kenyamanan pemudik, pemda bersama polisi dan TNI, siaga. Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangsel juga siaga. Dokter dan perawat tidak izinkan mudik.

Para petugas medis ini, tetap siaga menjalankan tugasnya. Lantaran, saat arus mudik kecelakaan di jalan sering terjadi. Para korban membutuhkan pertolongan medis. Juga, jika ada warga yang tiba-tiba jatuh sakit, membutuhkan penanganan medis dengan cepat.

Manajemen RSU Kota Tangsel menyiagakan petugas medis selama 24 jam. “Kami siaga 24 jam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tidak ada libur,” tegas Direktur RSU Kota Tangsel Drg. Hj Maya Mardiana MARS.

“Tentu saat kecelakaan terjadi dan membutuhkan pertolongan di RSU, kami siap menanganinya,” lanjutnya.

Advertisement

Koordinasi sudah dilakukan RSU Kota Tangsel dengan puskesmas dan sistem rujukan dengan rumah sakit lain, yang sudah bekerja sama dengan RSU Kota Tangsel.

Ia menegaskan, telah memberlakukan cuti bergilir untuk tenaga medis yang ada di RSUD Kota Tangsel. Petugas medis, dokter, bidan, dan perawat yang non muslim tidak boleh cuti pada saat Lebaran. Namun, yang beragama Islam boleh cuti dengan syarat.

“Setelah selesai salat Ied, kembali bertugas. Saat Lebaran, standar pelayanan kita tidak berubah. Semua poli beroperasi normal,” terangnya.

Sudah menjadi budaya, momen Lebaran digunakan untuk silaturahmi ke rumah saudara dan kolega yang jaraknya cukup jauh dan menyita stamina. Berbagai jenis makanan pun berlimpah. Terkadang, warga mengabaikan kesehatan. Sehingga kurang istirahat dan tidak mengontrol makanan. Hal ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan dan menimbulkan penyakit berbahaya. Saat hal ini terjadi, butuh pertolongan petugas medis.

Advertisement

Dengan pertimbangan ini pula, RSU Kota Tangsel tetap menyiagakan dokter spesialis yang bertugas di poli. “Poli dan dokternya, tetap bertugas sesuai jadwal,” kata dr Tri Utami, Kepala Bidang Pelayanan Medis, RSU Kota Tangsel. (te/kt)

Populer