Connect with us

Hari pertama Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengalami error. Padahal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengklaim telah menyiapkan server cadangan. Bahkan, pada Jumat (29/6) lalu, telah dilakukan uji coba PPDB untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan yang terjadi seperti pada pelaksanaan PPDB SMA di Provinsi Banten..

Dari pantauan kabartangsel.com pada Rabu (4/7/2018) sekitar pukul 10. 30 WIB, situs PPDB Tangsel Online dengan link ppdb.dikbudtangsel.com terkadang bisa diakses dan terkadang tidak bisa diakses.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Muslim Nur mengklaim seluruh kesiapan pelaksanaan PPDB tahun 2018 ini sudah matang.

Advertisement

“Semua sudah kita siapkan matang-matang sejak jauh-jauh hari, uji coba juga sudah kami lakukan beberpa kali, sampai Sabtu kemarin,” kata dia, Selasa 3 Juli 2018.

Diungkapkan Muslim, penguatan infrastruktur di bidang IT juga menjadi prioritas yang dianggapnya penting dalam mendukung kelancaran pelaksanaan PPDB SMP online. “Dari sisi IT kami sudah sangat bagus, software, server dengan kapasitas besar, berikut cadangannya.

Namun bila terjadi hal buruk, sehingga server down dan pendaftar kesulitan melakukan pendaftaran secara online. Pihaknya mengaku terpaksa membuka pendafataran secara manual.

“Kalau dari antisipasi dan uji coba yang kami lakukan selalu lancar. Karena server kami cukup besar bisa menampung 20 ribu data dalam satu waktu sekaligus, pengalaman kami, kemarin keseluruhan pendaftar itu 20 ribu. Antisipasi terakhir manual,” katanya. (red/fid)

Advertisement

Populer