Tahun 2018, DPU Tangsel Bangun Tandon di Nusa Loka dan Jurang Mangu Barat

By on Senin, 1 Januari 2018

Pada tahun Anggaran 2018, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menargetkan dua program penataan daerah aliran dan resapan air yakni Tandon Nusa Loka dan Kali Jaletreng yang terletak di Kecamatan Serpong. Kedua lokasi itu nantinya juga bakal didesain menjadi arena rekreasi bagi masyarakat di Kota Tangsel. Satu lagi tandon yang akan dibangun yakni tandon seluas satu hektare di Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, yang dilengkapi jogging track dan taman.

Kepala DPU Tangsel, Retno Prawati, menjelaskan pembangunan Tandon Jurang Mangu Barat bertujuan untuk mengatasi persoalan banjir yang kerap terjadi di wilayah sekitar. Pembangunan jembatan di lima titik lokasi pun tahun ini pekerjaannya sudah bisa diselesaikan dan dapat dilewati oleh masyarakat umum. Kelima jembatan itu, yakni jembatan Setia Budi di Kecamatan Pamulang, jembatan Pesona Serpong di Kecamatan Setu, jembatan Cirendeu Permai di Kecamatan Ciputat Timur, jembatan Lengkong Karya di Kecamatan Serpong Utara dan jembatan Parigi di Kecamatan Pondok Aren.

Retno menambahkan, tahun depan Dinas PU Kota Tangsel juga akan menerapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Drainase Perkotaan. Payung hukum itu diberlakukan agar semua drainase bisa saling terkoneksi dan untuk mengatasi persoalan banjir.

Sementara itu, Rosi dari Bidang Drainase dan Pedestarian Dinas PU Kota Tangsel, menambahkan bahwa produk hukum di atas pada tahun ini telah diparipurnakan. Harapannya drainase yang ada di perumahan-perumahan bisa saling terkoneksi antara satu dengan lainnya.

“Dengan adanya Perda ini dimungkinkan pemerintah untuk menyosialisasikan dan kerjasama dengan para pengembang. Sehingga terjadi sinkronisasi,” ujarnya. Tujuan strategisnya tidak ada lagi drainase yang ditutup atau dikecilkan lebarnya oleh pihak pengembang perumahan. (plp/bd/fid)