Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie Pimpin Pendataan Penduduk di Ciputat

By on Sabtu, 22 Juni 2019

Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie memimpin langsung pendataan bina kependudukan bagi pendatang baru di wilayah Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel, Kamis (20/6/2019).

Benyamin Davnie menjelaskan, kegiatan ini untuk memastikan jumlah penduduk musiman pasca Idul Fitri di wilayah Kota Tangsel. Secara umum kebijakan pemerintah kota mempersilakan warga atau masyarakat untuk datang ke Tangsel dengan catatan setibanya di tempatnya mereka melaporkan ke ketua RT setempat untuk dicatatkan nama dan lainnya.

“Harapan kami kedua, mereka datang ke sini memiliki nilai tambah secara ekonomis khususnya, di catat pula oleh ketua RT keterampilan apa yang mereka miliki, seperti usia produktif yang datang bisa dikerjakasamakan dan bisa dikembangkan dilingkungannya,” ungkapnya.

Sepanjang pengalaman pendataan, mereka datang kesini untuk bekerja ke Jakarta. Untuk itu perlu dilakukan pendataan di tempat kosan maupun kontrakan sehingga pemkot Tangsel bisa melakukan pendataan jumlah pendatang di Tangsel.

Bahkan dirinya memerintahkan langsung Lurah untuk mendata pendatang di masing-masing wilayah, sehingga Pemkot memiliki data secara pasti jumlah orang yang datang ke Tangsel ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangsel, Dedi Budiawan menjelaskan pendataan ini dilakukan di kosan dan kontrakan, untuk mengetahui jumlah pendatang baru dan mengantisipasi tindak kejahatan di kota Tangsel.

“Kita mendata semua pendatang, pendataan berupa nama, asal wilayah, tujuan datang ke Tangsel bahkan kemampuan apa yang mereka miliki pun ditanya saat melakukan pendataan, “ungkapnya.

Pendataan ini dilakukan dengan melibatkan tim kepolisian, satpol pp, kecamatan maupun kelurahan. “Kita masukin satu per satu kontrakan dan kosan yang ada di wilayah Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat,” jelasnya.

Berdasarkan pendataan yang sudah dilaksanakan, ada 619 jiwa warga pendatang dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 347, yang terdiri dari Laki-laki sebanyak 322 dan perempuan sebanyak 297. Dari jumlah tersebut kebanyakan berasal dari Jakarta. (dkt/fid)