Walikota Airin Rachmi Diany Harap Dana Kelurahan Dapat Teserap Secara Merata dan Tepat Sasaran

By on Jumat, 1 Februari 2019

Kabartangsel.com- Sebanyak 7 Camat dan 54 Lurah yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menghadiri Rapat Koordinasi Camat, Lurah dan Sekretaris Kelurahan yang dihadiri Walikota dan Kajari Tangsel di Soll Marina Hotel, Serpong Utara, Kamis (31/1/2019).

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam sambutannya mengatakan, peningkatan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan daerah secara menyeluruh pada lingkup Pemkot Tangsel sangat diperlukan dalam menjaga keseimbangan gerak dan arah pembangunan mulai dari tingkat pemerintah kota, kecamatan, sampai tingkat kelurahan.

Menyikapi paradigma tugas dan peran Camat dan Lurah tesebut, kata Airin, maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain Camat dan Lurah harus mampu menguasai dan memahami konsep dasar dan peraturan perundang-undangan tentang pemerintahan, yang didukung dengan penguasaan yang sama terhadap ilmu dan peraturan perundang-undangan tentang bidang-bidang pemerintahan lainnya.

“Camat dan Lurah harus mampu mengenali serta merespon secara cepat dan tepat setiap permasalahan dan perubahan kondisi masyarakat yang ada di wilayahnya. Juga harus mampu menjaga dan meningkatkan koordinasi pemerintahan, baik dengan internal pemerintah daerah maupun dengan eksternal pemerintahan,” bebernya.

Dengan peningkatan kualitas Camat dan Lurah yang akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas pembangunan dan kemasyarakatan kepada rakyat di wilayahnya, akan mampu meningkatkan kualitas kehidupan bagi rakyat Tangsel keseluruhan.

“Apalagi ada dana kelurahan yang mulai bisa digunakan tahun ini. Kami berharap agar dana kelurahan dapat teserap secara merata dan tepat sasaran. Lurah dan Camat adalah garda terdepan pembangunan,” jelas Airin.

Sementara itu, Kepala Kejari Tangsel Bima Suprayoga mengatakan bahwa 54 Lurah dan 7 Camat harus berusaha agar dana kelurahan bisa terserap dan harus memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

“Kami menghimbau jika ada yang meminta uang atas nama kejaksaan atau pribadi lainnya bisa dilaporkan. Jangan takut dan jangan ragu. Jika ada yang mengancam segera laporkan. Kami pun akan membantu mengawal agar tetap terarah dan tidak diganggu oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” jelasnya.

Menurutnya, adanya Jaksa sebagai sahabat Lurah, Kejari akan membimbing dan mengarahkan dengan baik. Dana tersebut tidak besar dan tidak kecil tapi harus dipertanggungjawabkan. Harus tepat sasaran, tepat waktu, tepat mutu dan tepat pertanggungjawabkan. (plp)