Wantimpres Akan Usulkan Tangsel Punya Polres

By: Selasa, 1 Juli 2014

Menyambangi Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Tim dari Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang di pimpin Sekertaris Anggota Wantimpres Bidang Hubungan Antar Agama, Prof. Dr. Masykuri Abdillah mendengarkan pengalaman Kota Tangsel sebagai pemerintah daerah penyangga ibu kota dalam menyelesaikan konflik atau perselisihan antar umat beragama.

“Kesiapan kota-kota penyangga ibu kota ini sangat diperlukan sebagai bahan kajian kami dalam penanganan konflik beragama,” kata Prof. Dr. Masykuri Abdillah dalam pertemuan dengan Pemerintah Kota Tangsel yang berlangsung di Grand Zury Hotel, Senin (30/6).

Dalam pertemuan tersebut, dibahas beberapa konflik yang dapat menimbulkan disentregasi bangsa, mengingat konflik yang akan timbul dapat berpengaruh kepada ibukota secara nasional.

Selanjutnya, pemaparan yang disampaikn oleh beberapa ahli dri pemerhati agama, perwakilan Polri oleh Intel Polres MetroJjaksel, MUI, Kepla Pusat Penelitian UIN, Kesbangpol Kota Tangsel, dan terakhir pemaparan dari Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Pada pertemuan tersebut, mengerucut pada pentingnya segera dibentuk Polres Tangsel. Karena, dari beberapa kota yang telah di datangi wantimpres, hanya Tangsel yang belum memiliki Polres secara mandiri. “Ini jadi temuan kami dan akan kami usulkan kepada pemerintah pusat,” ujar Prof. Dr.masykuri abdillah. (kf/kt)