Connect with us

Banten

Warga Jabodetabek Diminta Waspada Puting Beliung

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta warga Jabodetabek untuk waspada seiring perubahan cuaca saat ini. BMKG memperkirakan akan terjadi angin puting beliung.

Demikian dikatakan Sri Handayani, Kepala Stasiun BMKG Kelas II, Pondokbetung, Tangerang Selatan, Senin (22/102012). “Akan ada embusan angin kencang bersamaan dengan hujan deras, diprediksi mencapai 50 hingga 70 kilometer per jam,” ucapnya.

Menurut Sri, wilayah Jabodetabek telah memasuki masa pergantian musim atau pancaroba. Perubahan dari musim kemarau ke musim hujan menyebabkan munculnya angin kencang, yakni puting beliung.

“Masyarakat harus lebih waspada, karena angin kencang muncul secara tiba-tiba bersamaan dengan turunnya hujan,” ujarnya.

Advertisement

Menurut Sri, terdapat zona merah yang memang berpotensi angin puting beliung. Di Kota Tangerang Selatan potensi itu akan terjadi di Serpong. Di Kabupaten Tangerang berpotensi terjadi di Kecamatan Curug.

Kepala BMKG Wilayah II Ciputat, Tangerang Selatan, Subardjo, mengatakan, pada masa pancaroba ini sering ditandai dengan fenomena cuaca ekstrim. Seperti suhu udara mengalami ketinggian pada siang hari dan tiba-tiba terbentuk awan gelap atau awan cumulunimbus (CB). Lantas, pada sore akan turun hujan lebat sesaat, diikuti dengan petir dan angin kencang.

(Warkot/kabartangsel.com)

Advertisement

Populer