5 Cara Efektif untuk Mengobati Kaki Kapalan di Rumah

By on Jumat, 19 April 2019

Bukan hanya kulit pecah-pecah, kapalan di telapak kaki sering menjadi keluhan banyak orang. Kondisi ini kadang menimbulkan rasa sakit. Meski tidak membahayakan, jangan sepeekan hal ini. Anda bisa melakukan beberapa cara mudah di rumah untuk mengobati kapalan.

Cara mengobati kaki kapalan di rumah

Kapalan menandakan adanya penebalan kulit. Kapalan bisa terjadi di tangan, siku, lutut, tapi paling sering menyerang telapak kaki. Kondisi ini terjadi akibat adanya gesekan dan tekanan yang berlebihan atau iritasi pada telapak kaki Anda.

Selain terasa menebal ketika disentuh, kapalan juga membuat warna kulit berubah jadi kuning kepucatan. Kondisi ini tidak hanya menimbulkan kaki terasa tidak nyaman ketika bergesekan dengan alas kaki atau lantai, rasa sakit pun kadang terjadi. Supaya terbebas dari kapalan di kaki, Anda bisa mencoba beberapa perawatan rumahan di bawah ini.

1. Rendam kaki dengan garam epsom

Oleh karena kapaan terjadi akibat penebalan pada kulit kaki, maka itu yang harus Anda lakukan adalah mengikisnya. Anda bisa melakukannya dengan merendam kaki dalam larutan garam epsom. Cara ini bisa mengobati kaki kapalan dengan melunakkan penumpukan kulit sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Siapkan air hangat dengan campuran garam epsom. Kemudian, siapkan juga batu apung untuk digosokkan pada kaki. Selanjutnya, rendam kaki Anda selama 10 menit dalam larutan tersebut. Setelahnya, gosok telapak kaki dengan batu apung supaya kulit yang menumpuk terlepas.

Setelah digosokkan, bilas kaki Anda dengan air bersih. Lanjutkan dengan mengeringkan kaki dengan handuk lembut dan oleskan pelembap khusus untuk telapak kaki.

2. Gunakan krim khusus

relaksasi tubuh

Tujuan penggunaan krim eksfoliator untuk membersihkan sel kulit mati yang menumpuk. Ini bisa menjadi cara alternatif untuk mengobati kaki kapalan, jika Anda tidak punya garam epsom atau batu apung.

Anda bisa menggunakan krim yang mengandung asam salisilat, urea, atau amonium laktat yang dijual di toko obat atau apotek. Supaya hasilnya efektif, Anda perlu mengoleskan krim ini secara rutin setiap hari setelah mandi dan sebelum tidur. Seiring waktu, sel kulit mati yang menebal akan melunak dan mudah dibersihkan.

3. Oleskan pasta baking soda

natrium bikarbonat

Baking soda atau soda kue, sering kali digunakan sebagai obat alami untuk beberapa masalah kulit, salah satunya kapalan di telapak kaki. Caranya cukup mudah, yaitu buat pasta soda kue dan oleskan pada kaki.

Campurkan 2 sendok makan air dengan soda kue dalam wadah. Kemudian, aduk secara merata hingga membentuk pasta. Tambahkan beberapa tetes air perasan jeruk nipis dan aduk kembali hingga rata.

Bersihkan kaki terlebih dahulu dan keringkan. Oleskan pasta pada telapak kaki, tutupi dengan kaus kaki atau perban kasa supaya pasta tidak mengotori benda sekitarnya. Lakukan perawatan kaki kapalan ini setiap malam secara rutin dan bersihkan di esok harinya.

4. Gunakan foot files

Sumber: Buy The Best

Foot files adalah alat khusus untuk membantu pengelupasan sel kulit mati yang menumpuk. Bentuknya seperti sisir vent brush tanpa sikat, namun dilengkapi dengan logam dan pegangan dari karet atau karet. Anda bisa menggunakan alat ini seperti menggosokkan batu apung.

Namun, sebelumnya Anda perlu merendam kaki dengan air hangat. Gunakan setelah Anda mandi, bilas hingga bersih, dan oleskan dengan pelembap supaya kulit tidak kering dan tetap halus.

5. Rendam kaki dengan air hangat

perawatan kaki

Selain garam dan soda kue, ternyata ada banyak bahan lainnya yang bisa mengobati kaki kapalan, misalnya, tea tree oil, cuka apel, dan castor oil. Bahan-bahan tersebut bersifat antibakteri, antijamur, dan bisa menjadi pelumas supaya sel kulit mati yang menumpuk lebih mudah dibersihkan.

Untuk tea tree oil, Anda hanya perlu mencampurkan beberapa tetes minyak dalam air hangat. Cara ini sama halnya dengan castor oil dan cuka apel. Kemudian, rendam kaki tidak lebih dari 15 menit dan gosok area kaki yang kapalan. Lanjutkan dengan pembilasan untuk menghilangkan kulit mati.

Supaya lebih efektif, perhatikan beberapa hal ini

membersihkan kaki

Supaya proses penyembuhan lebih cepat dan kaki kapalan tidak lagi kambuh, ikuti beberapa tips yang direkomendasikan oleh Nada Elbuluk, MD, FAAD, asisten dosen dermatologi di NYU Langone Medical Center berikut ini.

  • Jangan terlalu keras saat menggosok kulit yang menebal. Ini dapat menyebabkan kulit menjadi tipis dan mudah terluka, berdarah, dan infeksi.
  • Selalu oleskan pelembap setelah pengobatan dilakukan supaya kulit tidak kering.
  • Gunakan kaus kaki atau bantalan di sepatu Anda supaya tekanan pada kaki tidak terlalu besar dan menimbulkan kaki kapalan.
  • Gunakan sepatu yang pas ukuran dan sesuai untuk kegiatannya. Ini dilakukan untuk menghindari gesekan pada kaki.

Kabartangsel.com

Source