Kenali Penyebab Umum Mata Merah Karena Penggunaan Softlens

By on Jumat, 19 April 2019

Lensa kontak aias softlens bisa jadi salah satu pilihan jika Anda yang punya gangguan penglihatan tapi ingin lebih bergaya dan risih menggunakan kacamata setiap saat. Sayangnya, kebiasaan pakai lensa kontak atau softlens yang sembarangan akan menimbulkan gejala iritasi mata, salah satunya adalah mata merah. Jika Anda kerap kali mengalami mata merah karena pakai softlens, ternyata ini penyebabnya. 

Penyebab mata merah karena softlens

Sebenarnya, salah satu penyebab utama kenapa mata Anda merah ketika menggunakan softlens adalah terlalu sering memakainya. Namun tidak menutup kemungkinan, terdapat penyebab lain yang menyebabkan kondisi tersebut.

1. GPC (Giant Papillary Conjuctivitis)

GPC adalah sebuah kondisi ketika bagian dalam kelopak mata Anda memiliki benjolan-benjolan kecil dan memproduksi lendir yang berlebih. Gejala lainnya adalah Anda merasakan gatal dan mata menjadi sensitif terhadap cahaya.

Nah, orang yang sering terkena GPC adalah orang yang sering menggunakan lensa kontak. Oleh karena itu, komplikasi ini memang sering disebut-sebut sebagai penyebab mata merah karena softlens.

2. Alergi mata

penyebab mata gatal

Penyebab umum yang sering terjadi akibat penggunaan softlens adalah alergi yang dimiliki oleh mata Anda. Orang-orang yang memiliki alergi biasanya memiliki kesulitan saat memakai lensa kontak.

Pertama-tama Anda akan merasakan gatal tiada hentinya, ingin menggosok-gosokkan mata, dan keluarnya air mata karena alergi tersebut. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki alergi terhadap lensa kontak, segera hentikan penggunaannya. Bisa jadi, hal inilah yang menjadi penyebab mengapa mata Anda merah karena softlens.

3. Ulkus Kornea

Ulkus kornea merupakan salah satu gangguan mata yang harus ditangani dengan serius. Biasanya, gangguan ini terjadi ketika terdapat luka pada kornea mata. Penyebabnya bisa karena infeksi atau penggunaan softlens terlalu lama.

Salah satu gejalanya adalah rasa nyeri pada mata, mata merah, dan seperti terdapat benda asing di indera penglihatan Anda. Jika Anda mengalami gejala ini, silahkan langsung konsultasikan kepada dokter mata Anda.

4. Kualitas softlens buruk

Kejadian ini biasanya terjadi karena Anda terlalu buta dengan harga, sehingga memilih mengabaikan kualitas pada softlens Anda. Hal tersebut tentunya bisa menyebabkan mata merah karena penggunaan softlens.

Pada awalnya, mungkin mata Anda tidak akan mengalami gejala apapun, tetapi keesokan harinya Anda bisa saja berkata lain. Kualitas buruk seperti softlens tidak cocok dengan ukuran mata Anda pun bisa membuat iritasi mata.

Jika Anda mengalami hal ini, segera ganti softlens Anda dengan ukuran yang pas untuk mata Anda, agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Alergi terhadap cairan pembersih softlens

Walaupun mungkin Anda sudah berlangganan selama bertahun-tahun, tidak menutup kemungkinan cairan lensa kontak yang Anda gunakan juga menyebabkan gangguan ini terjadi.

Apabila mata Anda merah, bisa saja karena cairan pembersih softlens. Cobalah untuk memeriksa kandungan yang ada pada cairan tersebut, untuk mengetahui apakah terdapat zat kimia yang membuat kondisi ini terjadi.

6. Gejala mata kering

Gejala mata kering memang sering ditandai dengan mata yang memerah. Kondisi ini sebenarnya bisa terjadi kepada siapapun, termasuk orang yang tidak memakai lensa kontak.

Akan tetapi, apabila Anda mengalami gejala tersebut ketika memakai softlens, kemungkinan besar cairan pada indera penglihatan Anda sangat kurang. Penggunaan lensa kontak akan menyerap cairan yang mata Anda miliki, sehingga dibutuhkan pelumas yang cukup untuk mata Anda.

Nah, setelah mengetahui apa saja penyebab mata merah karena softlens, penggunaan lensa kontak pun tidak dianjurkan selama kondisi-kondisi di atas dialami oleh Anda. Apabila Anda masih belum mengetahui penyebab pasti dan gejala semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter mata Anda.

Kabartangsel.com

Source