Connect with us

Kabupaten Tangerang

Ahmed Zaki Iskandar Raih Detikcom Awards 2023

Ahmed Zaki Iskandar meraih penghargaan Detikcom Awards 2023 di hari terakhirnya menjabat sebagai Bupati Tangerang periode 2018-2023. Zaki mendapatkan Detikcom Awards 2023: Adapt and Transform to an Era of Change untuk kategori Tokoh Penataan Kawasan dan Ekonomi Pesisir.

Penghargaan ini diberikan atas upaya peningkatan ekonomi masyarakat pesisir. Penghargaan ini diraih atas program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan). Program tersebut memiliki fokus pada upaya pemulihan ekonomi masyarakat pesisir dan penataan permukiman, mulai dari bangunan, sanitasi hingga infrastruktur.

Direktur Produk detikcom, Sena Achari berkesempatan memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Ahmed Zaki Iskandar di The Westin Jakarta, Jakarta Selatan, Kamis (21/9).

“Detikcom Awards kategori Tokoh Penataan Kawasan dan Ekonomi Pesisir diberikan kepada Ahmed Zaki Iskandar,” kata Sena saat mengumumkan pemenang penghargaan itu.

Advertisement

Usai mendapatkan penghargaan tersebut, Bang Zaki, sapaan akrabnya, mengatakan sangat bersyukur programnya mendapat apresiasi dari publik di akhir masa jabatannya. “Alhamdulillah terima kasih atas penghargaan detik Awards yang telah diberikan kepada saya,” ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa program yang mendapatkan penghargaan tersebut telah diimplementasikan di Desa Ketapang. Desa ini juga menjadi percontohan, bukan hanya nasional tapi internasional oleh anggota Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA).

Bahkan dari World Bank hingga Islamic Development Bank telah meninjau dan mengapresiasi peningkatan blue economy dan green economy yang berjalan dengan baik. Rencananya program ini akan terus berlanjut di desa-desa pesisir pantai Tangerang yang lain.

“Hasilnya bisa dilihat salah satunya Ketapang Urban Aquaculture yang terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk yang awalnya hanya desa nelayan diubah menjadi desa ekowisata karena penataan infrastruktur, ekonomi kerakyatan, termasuk lingkungan hidup itu terjadi di Desa Ketapang,” ujarnya.

Advertisement

Dirinya berharap kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat infrastruktur yang telah dibangun di kawasan tersebut. Dengan begitu, ekonomi rakyat dapat di kawasan pesisir pantai Kabupaten Tangerang dapat tumbuh dengan baik.

Selain itu, Zaki juga berpesan kepada masyarakat Tangerang Raya, termasuk Kota Tangerang dan Tangerang Selatan agar pemerintah daerah serta elemen masyarakat bergandengan tangan membangun kota yang nyaman, aman dan sejahtera bagi kualitas hidup yang lebih baik.

“Ini adalah tugas bersama, bukan saja pemerintah daerah, tapi juga seluruh elemen masyarakat harus ikut bergabung, berkolaborasi dan mendukung program pembangunan. Tangerang oke,” tutup Bang Zaki.

Advertisement





Seedbacklink

Populer