Connect with us

Pemerintahan

Ajak Warga Jaga Lingkungan, Pilar Saga Ichsan: Penanganan Banjir Harus Dilakukan Secara Tepat

Hujan deras yang mengguyur ‎Tangerang Selatan (Tangsel) Rabu (18/5) sore, membuat beberapa kawasan dan ruas jalan terkena dampak luapan air. Seperti halnya di Jalan Raya Ceger.

Wakil Wali Kota, Pilar Saga Ichsan turun langsung meninjau ke lokasi-lokasi yang terkena luapan air. Lokasi pertama yang dituju di Jalan Raya Ceger.

“Memang ada beberapa titik banjir yang harus kita benahi secara teknis, penyempitan saluran air yang berbatasan dengan Kota Tangerang, normalisasi sungai serta peninggian tanggul dan sebagainya,” ujar Pilar.

Advertisement
Pilar jelaskan, Dinas Sumber Daya Air Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK)  Tangsel sedang melakukan kajian teknis penanganan banjir, agar dapat pemetaan secara menyeluruh penanganan banjir secara tepat dan permanen.
“Dan saya menginstruksikan kepada Dinas Bina Marga, BPBD, Kewilayahan untuk melakukan solusi cepat dan permanen. Saya memberi instruksi untuk melakukan normalisasi sedimentasi kali, peninggian jembatan, dan peninggian turap kali. Agar air tidak meluap lagi ke jalan. Adapun kordinasi dengan wilayah Kota Tangerang harus dilakukan, terkait penyempitan kali karena tertutup oleh bangunan warga,” paparnya.

Selain itu, Pilar juga meninjau ke rumah-rumah warga. Untuk berdiskusi serta mendengar masukan dari warga penanganan banjir.

Agar tidak terus berulang, Pilar juga mengajak partisipasi masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungannya. Dia meminta agar warga tidak membuang sampah di selokan- selokan.

“Jangan buang sampah sembarangan yang pertama, dan jangan menambah bangunan ke luasan kali, kali akan semakin sempit,” terangnya

Pilar juga menginstruksikan kepada jajarannya untuk membersihkan dan memperbaiki seluruh drainase agar tidak ada sumbatan yang bisa menghalangi jalannya air dan menimbulkan luapan. (red/fid)

Advertisement

Populer