Connect with us

Cek Fakta

Ayla Kristine 16 Tahun Dibesarkan oleh Anjing? Cek Faktanya!

[SALAH] Ayla Kristine 16 tahun dibesarkan oleh anjing – TurnBackHoax.ID

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Hoaks Lama Beredar Kembali (HLBK). Bukan dibesarkan oleh anjing, perempuan tersebut memiliki kemampuan unik menirukan gerak kuda.

=====
KATEGORI: Konteks yang Salah

Advertisement

=====
NARASI:

“Subhanallah, Kisah Ayla Kristine, manusia yang dibesarkan anjing 16 tahun?”

=====
SUMBER: Facebook
https://perma.cc/3T7U-MKGY

=====
PENJELASAN

Beredar kembali klaim tentang perempuan asal rusia yang berjalan menggunakan 2 kaki dan 2 tangannya seperti anjing, dan dalam video yang disebarkan oleh রত্না আমাকে ভালোবাসে terdapat narasi tambahan “Subhanallah, Kisah Ayla Kristine, manusia yang dibesarkan anjing 16 tahun?”

Advertisement

Faktanya, hoaks tersebut sudah muncul sejak 2019 dan sudah pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Kejadiannya di Rusia, 16 tahun dibesarkan oleh anjing, karena ditelantarkan orang tuanya dari umur 3 tahun” pada 12 September 2019. Tayangan video itu telah muncul di berbagai pemberitaan media tentang wanita Norwegia yang belajar berlari seperti kuda.

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan Google Reverse Image dengan tangkapan layar video tersebut ditemukan video identik dengan judul “Unbelievable talent: Horse Woman Ayla Kirstine becomes overnight sensation with her horse gallop” yang diunggah oleg Prag News pada 22 Mei 2019. Dalam keterangan video tersebut disebutkan bahwa Ayla Kristine dari Norwegia adalah wanita dengan bakat aneh yaitu berlari kencang dan melompat seperti kuda.

“Ketika saya berusia 4 tahun, saya menyukai anjing dan ingin menjadi anjing sendiri,” kata Kirstine saat diwawancarai oleh Insider.com “Jadi, ketika saya tahu saya menyukai kuda, saya hanya mengaplikasikan apa yang telah saya pelajari.”

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim Ayla Kristine dibesarkan oleh anjing 16 tahun adalah keliru dan termasuk kategori konteks yang salah

Advertisement

=====
REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2019/09/12/salah-kejadiannya-di-rusia-16-tahun-dibesarkan-oleh-anjing-karena-ditelantarkan-orang-tuanya-dari-umur-3-tahun/

https://www.insider.com/norwegian-woman-runs-and-jumps-like-horse-2019-5

Copyright ©

Advertisement

Populer