Connect with us

Banten

Banten Creative Community Rangkul Mahasiswa Tanam Bambu Bersama

Banten Creative Community (BCC) bersama puluhan masyarakat Desa Cirompang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak menanam ratusan bibit bambu di lahan-lahan kritis di desa Ciropang

Memperingati hari air sedunia, Banten Creative Community (BCC) dan STIE Binabangsa melakukan penanaman bambu dan pembinaan masyarakat desa di Kecamatan kaduhejo, Pandeglang.

Program pemberdayaan masyarakat melalu komoditi bambu tersebut akan digelar BCC dan STIE Binabangsa di beberapa desa kecamatan kaduhejo. Kerja sama ini ditandatangani saat acara workshop “Revolusi Sebatang Bambu untuk kedaulatan sandangan, pangan papan, energi dan lingkungan” pada Minggu (22/03) di Aula Kecamatan Kaduhejo.“Bersamaan dengan Hari Air sedunia, BCC menggandeng kelompok KKN dari STIE Binabangsa untuk melakukan penanaman bambu di hulu sungai, situ dan juga melakukan pemberdayaan masyarakat sebagai bagian dari implemetasi tridharma perguruan tinggi,” Ujar Usep Mujani, Presiden BCC di Pandeglang, Selasa (24/3/2015).

Ia menambahkan, pemberdayaan bambu di desa-desa tertinggal adalah solusi nyata untuk mengembalikan desa menjadi mandiri baik secara ekonomi, energi maupun lingkungan.”Bambu dekat dengan kehidupan masyarakat, hampir di semua desa di Banten terdapat komoditi bambu, kami akan mendorong desa melakukan pengembangan komoditi ini dari hulu hingga hilir,” jelas Usep.

Advertisement

Memperingati hari air sedunia, Banten Creative Community (BCC) dan STIE Binabangsa melakukan penanaman bambu dan pembinaan masyarakat desa di Kecamatan kaduhejo, PandeglangHal senada disampaikan camat kecamatan kaduhejo, Abdjah, Ia menilai yang utama dari peran mahasiswa adalah melakukan pembinaan terhadap masyarakat. “kami mendukung program BCC, juga kelompok KKN STIE Binabangsa untuk membina warga kami dalam hal pemberdayaan bambu. inilah peran mahasiswa sesungguhnya”, ucapnya.

Menurut Abdjah, Kaduhejo salah satu kecamatan yang banyak ditemukan tanaman bambu di kabupaten pandeglang, hanya inovasi dan teknologinya belum banyak dikuasai masyarakat.

“Memberikan pelatihan, teknik dan kreativitas bambu bagi masyarakat sangat penting agar bambu dapat menjadi produk unggulan kedepannya, selama ini bambu tidak maksimal pemberdayaanya,” tegasnya.Turut hadir dalam acara tersebut Bappeda Kabupaten Pandeglang, camat, perangkat desa se kecamatan kaduhejo dan masyarakat setempat.

Selain itu, acara tersebut turut dimeriahkan oleh pementasan karinding, oleh UKM Kreasi, Universitas Mathlaul Anwar dan serah terima secara simbolis bibit bambu dari BCC kepada mahasiswa STIE Binabangsa yang akan ditanam di situ palurahan dan lahan-lahan desa se-Kecamatan Kaduhejo. (fid/kt)

Advertisement

Populer