Belajar Sistem Pemerintah, 43 Murid Madrasah Ibtidaiyah Datangi DPRD Tangsel

By: Jumat, 16 Desember 2016

Tak seperti biasanya, kursi-kursi nan empuk tapi panas yang biasanya diduduki para legislator itu, siang itu tampak dipenuhi oleh ratusan siswa berseragam SD.

Kehadiran 43 siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Madinatunnajah Jombang, Ciputat Kota Tangerang Selatan bukan untuk mengikuti paripurna. Tapi, mengemban misi khusus yakni untuk belajar lebih jauh terkait dengan sistem pemerintah daerah.

Begitu diterima oleh wakil Ketua DPRD Tangsel Saleh Asnawi, para siswa kemudian mendapat penjelasan singkat terkait seluk beluk DPRD, tugas dan fungsinya.

“Bagaimana kabarnya adik-adik. Semoga besok bisa meneruskan bapak-bapak yang duduk di sini,” Kata Asnawi saat memberikan sambutan kepada anak-anak MI Madinatunnajah, Kamis (15/12/2016) seperti dilansir dari situs dprd.tangselkota.go.id.

Momen menarik tercipta saat memasuki sesi tanya jawab. Tak ayal, bocah-bocah kecil itu ternyata mampu melontarkan pertanyaan yang membuat Wakil Ketua DPRD Saleh Asnawi sedikit tertawa.

Seperti, Faiz kelas IV B menanyakan tentang tugas DPRD. Lalu, Indi Kelas IV A menanyakan apakah ada kerjasama antara DPRD Tangsel dengan DPRD Jakarta. Kemudian Rosi menanyakan tentang syarat menjadi anggota DPRD.

Asnawi pun menjawab pertanyaan anak-anak. Asnawi menjelaskan fungsi dan tugas anggota DPRD yakni sebagai kepanjangan tangan masyarakat dan sebagai pengawasan agar semua berjalan tepat guna dan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat Kota Tangsel.

Kemudian terkait ada tidaknya kerjasama antara DPRD Tangsel dengan DPRD Jakarta menjelaskan ada hubungan antara legislatif. Asnawi mencontohkan, kedatangan DPRD Kabupaten Langka yang datang ke DPRD Tangsel untuk studi banding.

Selanjutnya ketika ditanya syarat menjadi DPRD. Asnawi pun menjawab minimal lulusan SMA dan memenuhi syarat.

“Syaratnya berpendidikan minimal SMA dan memenuhi syarat,” ujarnya.

Asnawi pun mengapresiasi kedatangan tamu-tamu kecil dari MI Madinatunnajah tersebut. Menurut Asnawi selain wujud keterbukaan DPRD untuk menerima aspirasi, hal itu sangat bagus untuk mengenalkan keberadaan DPRD dan politik sejak dini.

“Sangat bagus, selain mengenal struktur pemerintahan daerah di Tangsel, juga itu mengenal keberadaan DPRD dan pemahaman tugas dan fungsi Dewan,” pungkasnya.

Sementara, Guru Hedi Diana MI Madinatunnajah menyampaikan, kunjungan ini dimaksudkan untuk belajar lebih jauh terkait dengan sistem Pemerintahan Daerah. Menurutnya hal itu sebagai bentuk pendekatan metode pembelajaran dan mendekatkan anak-anak dengan realita yang sesungguhnya.

“Kedatangan ke DPRD ini untuk belajar lebih jauh dengan sistem pemerintahan daerah,” katanya. (*).