Connect with us

Cek Fakta

Benarkah Pijatan Telapak Tangan untuk Sembuhkan Penyumbatan Jantung? Cek Faktanya!

[SALAH] Pijatan Telapak Tangan untuk Sembuhkan Penyumbatan Jantung

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Klaim pijat telapak tangan yang dapat menyembuhkan penyumbatan jantung tersebut salah. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Indriati Solo Baru, M Triadhy Nugraha Y mengatakan penyumbatan pembuluh darah koroner di jantung tidak berhubungan dengan teknik pemijatan atau relaksasi jari-jari tangan.

=====
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

Advertisement

=====
NARASI:
“Latihan yang ditunjukkan pria ini telah menyembuhkan dan menyelamatkan ribuan orang dari penyumbatan jantung ….! Sekarang videonya telah menjadi viral dan ribuan pasien jantung mencari klip ini. Jadi, tonton klip ini dan coba latihan ini. Beberapa orang mengklaim bahwa sakit punggung mereka hilang hanya dalam 7 hari ….!

Kerasa darah ngalir deras di leher dan punggung.
Semoga bermanfaat 🙏🏻”

=====
SUMBER: Whatsapp
https://archive.ph/wip/1B2dj

=====
PENJELASAN

Beredar video 31 detik melalui pesan whatsapp, dalam video terlihat seorang pria memijat tangan. Pesan tersebut juga disertai narasi bahwa latihan yang ditunjukkan pria tersebut diklaim dapat menyembuhkan jantung tersumbat.

Advertisement

Dikutip dari kompas.com, Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Indriati Solo Baru, M Triadhy Nugraha Y mengatakan, teknik yang dilakukan pria dalam video tersebut adalah teknik akupuntur/akupressure. Ia juga menambahkan bahwa belum ada bukti berdasar studi ilmiah terkait hal itu. Menurutnya penyumbatan pembuluh darah koroner di jantung tidak berhubungan dengan teknik pemijatan atau relaksasi jari-jari tangan.

Dilansir dari Sehatq.com, pijat refleksi (akupresur) memang dapat meringankan sejumlah masalah kesehatan. Pijatan di tangan dibagi menjadi 8 bagian, salah satunya di pergelangan tangan dalam sisi kelingking, bagian ini disebut dengan titik tangan Jantung 7 (HT7). Menekan titik refleksi dapat mengurangi kecemasan pada orang yang akan menjalani pemeriksaan jantung juga diyakini mampu mencegah depresi, insomnia, dan penyakit jantung.

Bedasarkan penjelasan di atas klaim pemijtan tangan dapat menyembuhkan penyumbatan jantung adalah keliru dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====
REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/05/13/091435282/klarifikasi-teknik-pijat-telapak-tangan-bisa-untuk-terapi-penyumbatan?page=all

Advertisement

https://www.sehatq.com/artikel/titik-refleksi-tangan-untuk-mengatasi-masalah-kesehatan

Turnbackhoaks

Advertisement

Populer