Connect with us

Lifestyle

Cara Memilih Baju Koko Pria yang Cocok untuk Lebaran

Tampil bergaya saat lebaran tidak hanya diinginkan oleh wanita, tetapi juga pria. Menjelang lebaran, para pria ramai-ramai meneliti baju koko seperti apa yang cocok untuknya. Pria sering kali meminta saran kepada teman  atau ibunya agar tidak  salah membeli baju koko bahkan mengajak mereka  berbelanja.

Baju koko hadir dengan model, warna dan corak yang berbeda-beda, tidak jarang  model dan warnanya serasi. Biasanya, harga yang dibandrol antara mahal atau tidaknya baju koko pria akan dilihat dari merk. Jika Anda sedang mencari baju koko, Anda bisa mengunjungi Blibli untuk memilih baju koko terbaik untuk lebaran.

Apa Itu Baju Koko Pria?

Di Indonesia, baju koko pria memiliki arti baju muslim untuk pria. Di pasaran, ada banyak produk baju koko dengan bahan dan model yang beragam. Salah satu nya ada kurta dan kaftan yang sering disebut sebagai baju koko oleh masyarakat Indonesia.

Baju koko pria ini biasanya digunakan untuk acara keagamaan atau untuk ibadah di masjid. Kebanyakan orang menggunakan baju koko saat Ramadhan dan hari raya idul fitri. Namun, seiring berkembangnya zaman, baju koko didesain untuk acara formal dan non formal. Jadi, baju koko tidak hanya dipakai saat acara keagamaan saja tapi juga bisa dipakai untuk berjalan-jalan dan kumpul bersama keluarga.

Advertisement

6 Cara Memilih Baju Koko Pria

Bagaimana cara memilih baju koko pria yang bagus dan cocok untuk dipakai saat lebaran ini? Berikut ini beberapa tips nya.

1.    Motif baju koko

Baju koko pria memiliki banyak model, ada model polos ada pula model yang memiliki banyak motif. Cara untuk memilihnya adalah ketahui terlebih dahulu acara apa yang akan Anda hadiri. Anda bisa menyesuaikan baju koko yang akan Anda beli dengan mengetahui acara yang Anda hadiri.

Contohnya, jika Anda akan menghadiri acara bersama teman-teman, Anda bisa memilih baju koko yang bermotif agar lebih terlihat fashionable, atau, jika Anda akan menghadiri acara keluarga pilihlah baju koko yang bermodel polos agar terlihat lebih simple.

2.    Bahan yang digunakan baju koko

Perlu Anda ketahui bahwa selain motif, bahan dalam pertimbangan pemilihan baju koko pria juga sangat penting. Baju koko berbahan katun adalah bahan yang paling banyak dicari di pasaran. Mengapa begitu? Hal ini karena bahan katun memiliki bahan yang berkualitas, mampu menyerap keringat dengan baik sehingga akan terasa lebih nyaman jika dipakai.

Advertisement

Bahan katun sangat cocok bagi Anda yang sering berkegiatan di luar ruangan. Lalu, jika Anda lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan atau ruangan ber-AC, Anda bisa memilih bahan baju koko yang agak tebal.

3.    Model jahitan baju koko

Sangat penting memperhatikan model jahitan baju koko pria yang akan Anda beli karena hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan Anda berpakaian. Lalu, bagaimana cara memilih model jahitan yang pas? Pilihlah model jahitan yang panjang lengannya pas dan juga tidak berkerut. Memilih model jahitan yang panjang lengannya pas bertujuan agar tidak menutupi pergelangan tangan dan lingkar lubang tangan.

Tidak hanya itu, pada bagian kerah pun model jahitannya juga harus Anda perhatikan. Pilihlah model jahitan kerah yang tidak ketat agar tidak mencekik leher.

4.    Pilihan warna baju koko

Pemilihan warna juga merupakan aspek pemilihan yang penting saat akan membeli baju koko. Baju koko pria yang digunakan untuk ibadah di masjid sebaiknya berwarna putih. Hal ini untuk menghindari ketidaknyamanan orang lain yang juga sedang beribadah jika Anda memakai warna baju koko yang nyentrik.

Advertisement

Nah, lain halnya jika Anda menggunakan baju koko untuk berjalan-jalan atau kumpul bersama keluarga. Anda bisa memilih baju koko yang lebih modis, bahkan dengan warna yang nyentrik sesuai selera.

5.    Sesuaikan dengan karakter Anda

Baju koko lengan panjang lebih cocok untuk Anda yang ingin tampil lebih dewasa dan berwibawa. Perlu Anda ketahui bahwa baju koko yang memiliki lengan panjang akan menunjukkan karakter yang lebih kuat bagi seorang pria muslim.

Maka tak heran jika baju koko lengan panjang menjadi barang wajib yang harus dimiliki  setiap pria muslim. Lalu apa jadinya dengan baju koko lengan pendek? Baju ini juga bagus untuk dibeli, tetapi baju ini kurang tepat jika Anda ingin memakainya beribadah atau menghadiri acara formal.

6.    Model bordiran baju koko

Bagaimana cara memilih jenis bordiran baju koko yang bagus? Anda bisa memilih dan membeli baju koko yang memiliki bordiran di bagian bahu hingga pergelangan tangan, atau bisa juga bordiran yang hanya di bagian bawah baju. Jenis bordiran baju koko seperti ini cocok untuk Anda gunakan di kantor, terlihat formal tetapi tetap modis.

Advertisement

Penampilan Anda akan terlihat keren jika menggunakan baju koko yang dilengkapi dengan bordiran. Pastikan bahwa Anda memilih baju koko yang memiliki bordiran dengan warna netral. Mengapa begitu? Hal ini agar Anda lebih mudah dalam pemilihan sepatu, celana, atau aksesoris lainnya. 3 warna rekomendasi untuk bordiran baju koko adalah warna hitam, emas, dan cream.

Nah itu dia penjelasan sekilas mengenai apa itu baju koko pria dan juga cara memilih baju koko pria yang bagus dan cocok digunakan pada saat lebaran. Kunjungi Blibli dan pilihlah baju koko favorit Anda!

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer