Cek Fakta: [SALAH] “Anjing Zionis Israel Dilatih untuk Menggigit Orang yang Sedang Sholat”

By: Rabu, 13 Januari 2021
[SALAH] “Anjing Zionis Israel Dilatih untuk Menggigit Orang yang Sedang Sholat”

Video hasil settingan. Video asli ditemukan di channel Youtube Media elshar3. Channel tersebut membuat konten film pendek bertema hikmah kehidupan. Selain itu, di kolom deskripsi video tidak ada penjelasan bahwa anjing dalam video adalah milik “zionis Israel”.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: FALSE CONTEXT

====

SUMBER: Facebook

http://archive.vn/IiMyQ

====

NARASI:

“AllahuAkbar 😇😢❤”

(video berdurasi 1 menit 05 detik, memperlihatkan dua orang salat dengan ketakutan karena anjing disebelahnya)

====

PENJELASAN:

Beredar postingan viral di Facebook berupa video yang memperlihatkan dua orang salat ketakutan karena keberadaan anjing yang mencoba mendekat. Video tersebut lantas diartikan bahwa anjing tersebut milik “zionis Israel” yang dilatih untuk menganggu orang yang sedang salat. Salah satu akun yang mempostingan video tersebut bernama Wulandari, saat ini postingannya dilikes oleh pengguna Facebook sebanyak 121 ribu kali dan dibagikan sebanyak 22 ribu kali.

Setelah dilakukan penelusuran fakta, diketahui bahwa video tersebut adalah murni settingan. Hasil pencarian gambar menggunakan yandex.com, untuk mengetahui sumber video asli, ditemukan bahwa video tersebut berasal dari channel YouTube bernama ميديا الشارع- Media elshar3.

Media elshar3 adalah channel YouTube yang kebanyakan berisi film pendek bertema hikmah kehidupan. Dalam deskripsinya, channel tersebut berasal dari Mesir dan para pemain filmnya menggunakan Bahasa Arab. Video yang dishare oleh akun Wulandari juga termasuk film buatan channel Media elshar3 yang bertema mengenai hikmah kehidupan.

Sebagaimana judulnya “Seekor anjing menyerang seorang pria dan putranya saat sedang menunaikan salat wajib, Subhanallah, keajaiban datang “, memperlihatkan sebuah adegan dimana seorang laki-laki sengaja melepas anjingnya dan seolah akan menyerang dua orang yang sedang salat. Adapun hikmah yang dapat diambil adalah karena salat, anjing tersebut tidak jadi menyerang mereka.

Dikarenakan video tersebut adalah film pendek maka adegan para aktor maupun anjingnya adalah “settingan” atau tidak nyata. Selain itu, kreator channel Media elshar3, tidak memberikan keterangan dalam videonya, bahwa anjing tersebut milik “zionis Israel” atau dilatih oleh “zionis Israel”.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa, klaim postingan video oleh akun Wulandari adalah HOAX dan termasuk kategori FALSE CONTEXT.

====

REFERENSI:

https://www.youtube.com/…/UCKG3uyGMki4au3X58rmAm0A/about

====

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *