Cek Fakta: [SALAH] Baju Fadli Zon Bertuliskan “JUBIR BOKEP”

By: Senin, 11 Januari 2021
[SALAH] Baju Fadli Zon Bertuliskan “JUBIR BOKEP”

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Foto hasil suntingan/editan. Faktanya, tulisan asli pada baju yang dikenakan Fadli Zon bertuliskan “JUBIR RAKYAT”. Fadli Zon pernah mengunggah foto dirinya menggunakan kaos “JUBIR RAKYAT” di akun pribadi Twitternya, pada 28 Desember 2019 dan Instagram, pada 08 Desember 2019.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

====

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/JiahK

====

NARASI:

“Selamat ya bung, utk pekerjaan barunya… semoga sukses..”

(foto Fadli Zon berpose mengenakan baju bertuliskan “JUBIR BOKEP”)

====

PENJELASAN:

Beredar postingan di Facebook yang memperlihatkan foto Fadli Zon menggunakan kaos bertuliskan “JUBIR BOKEP”. Postingan yang mendapat likes sebanyak 248, diunggah oleh akun bernama Richard R di grup “Denny Siregar Fans”.

Setelah dilakukan pencarian fakta terkait, ditemukan bahwa foto Fadli Zon menggunakan baju bertuliskan “JUBIR BOKEP” adalah hasil editan.

Dilansir dari turnbackhoax.id, kaos Fadli Zon sebenarnya bertuliskan “JUBIR RAKYAT”. Fadli Zon pernah mengunggahnya di akun resmi Twitternya, pada 28 Desember 2019 dengan hashtag #JubirRakyat. Dalam unggahannya ia terlihat mengenakan baju hitam bertuliskan “JUBIR RAKYAT”.

Kemudian di akun resmi Instgramnya, Fadli Zon juga pernah mengunggah desain kaosnya bertuliskan “JUBIR RAKYAT” pada 08 Desember 2019, dengan caption sebagai berikut:

“Dapat kiriman desain kaos “JUBIR RAKYAT” (Juru Bicara Rakyat). Mari kita jadi juru bicara rakyat, suarakan kebenaran, suarakan amanat penderitaan rakyat (ampera) dan selalu berpihak pd rakyat. Buat kaos masing2 ya… #jubirrakyat”.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa foto Fadli Zon menggunakan baju bertuliskan “JUBIR BOKEP” adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

===

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/B5zyhykJ_N4/

====

Penulis: Ani Nur MR

Editor: Bentang Febrylian

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *