Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Foto Anak Kecil Di Tengah Puing-Puing Bangunan Dalam Invasi Rusia ke Ukraina

[SALAH] Foto Anak Kecil Di Tengah Puing-Puing Bangunan Dalam Invasi Rusia ke Ukraina – TurnBackHoax.ID

hasil periksa fakta Rahmah a n (UIN sunan ampel Surabaya).

Narasi keliru, faktanya foto tersebut merupakan potongan gambar dari video musik berjudul “Ангел.Песня о детях Донбасса” yang dirilis ditahun 2015.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

Advertisement

===
KATEGORI: Konteks yang salah

===
SUMBER: Twitter
https://archive.ph/riZMl#selection-607.0-604.14

===

NARASI:
“Seeing this broke my heart I’m literally in tears #UkraineUnderAttack #worldwar3 Wtf wrong with #Putin this so saddddd, I pray for Ukraine people
Terjemahan:
Melihat ini membuatku terluka, aku benar-benarr menangis #UkraineUnderAttack #worldwar3 Ada apa dengan #Putin ini sangat menyedihkan, saya berdoa untuk orang Ukraina ”

===

Advertisement

PENJELASAN:
Akun Twitter @FrostDjoa mengunggah foto pada 25 Februari 2022 yang memperlihatkan seorang anak di tengah puing-puing bangunan saat invasi Rusia ke Ukraina sedang berlangsung. Unggahan tersebut mendapatkan 126 retweets, 6 kutipan tweet dan 604 suka.

Berdasarkan hasil penelusuran, ditemukan gambar serupa mengarahkan ke video musik yang diunggah ke Youtube. Judul video dalam Bahasa Rusia diterjemahkan menjadi “Malaikat, sebuah lagu tentang anak-anak Donbas” dirilis pada tahun 2015. Foto anak kecil yang beredar terlihat pada detik ke-50 dalam video musik.

Dengan demikian foto anak di tengah puing-puing bangunan dengan klaim narasi konflik Rusia Ukraina yang sedang berlangsung adalah hoaks dan masuk dalam kategori konteks yang salah.

===

Advertisement

REFERENSI:

https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-image-from-music-video-falsely-shared-as-child-affected-by-russia-ukraine-conflict-1918044-2022-02-26

Copyright ©

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer