Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Foto Bangunan Hancur Akibat Serangan Junta di Myanmar

[SALAH] Foto Bangunan Hancur Akibat Serangan Junta di Myanmar

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Informasi tersebut salah. Faktanya, foto-foto yang menunjukkan bangunan hancur tersebut merupakan akibat dari pertempuran di Libya.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

Advertisement

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Facebook
https://archive.md/XTEqP

= = =
Narasi:
“It’s not Syria, It’s not Afghanistan,
It’s Thantlang( Myanmar 🇲🇲)”

Terjemahan:
“Ini bukan Suriah, bukan Afghanistan,
Ini Thantlang (Myanmar)”

= = =
Penjelasan:
Diketahui Myanmar berada dalam kekacauan sejak militer merebut kekuasaan pada Februari, sehingga menyebabkan “pasukan bela diri” bermunculan di seluruh negeri untuk menghadapi junta, meningkatkan serangan dan pembalasan berdarah.

Advertisement

Pasukan Myanmar dilaporkan menembaki kota Thantlang di negara bagian Chin barat, pada 29 Oktober, setelah konfrontasi dengan pasukan bela diri setempat dan menghancurkan puluhan rumah, serta kantor amal Save the Children.

Setelah kejadian tersebut, beredar sebuah unggahan di Facebook yang membagikan foto-foto bangunan rusak yang diklaim merupakan akibat dari serangan militer di Myanmar.

Setelah ditelusuri, informasi tersebut salah. Faktanya, foto-foto yang menunjukkan bangunan hancur tersebut merupakan akibat dari pertempuran di Libya. Kami mencoba menelusuri foto yang pertama melalui google image reverse dan ditemukan artikel yang memuat foto pertama tersebut dengan judul “New Report Details The Horrors Of Life Under ISIS In Sirte, Libya”, yang diunggah pada 18 Mei 2016 oleh organisasi media AS NPR.

Foto tersebut diberikan keterangan sebagai berikut: ” Pemandangan gedung-gedung yang porak-poranda akibat pertempuran di Sirte, Libya, tahun 2011. Manu Brabo/AP”.

Advertisement

Dilansir dari AFP, Fotografer, Manu Brabo, mengatakan bahwa ia mengambil foto tersebut di Sirte, Libya pada Oktober 2011.

Kemudian, foto kedua juga ditelusuri melalui google image reverse dan ditemukan dalam sebuah artikel dengan judul “War in Cities: Tripoli, Libya”, yang diunggah pada 25 Mei 2021 di situs web International Committee of the Red Cross (ICRC).

Seorang juru bicara ICRC, dalam wawancara bersama pihak APF, mengatakan bahwa gambar tersebut diambil di Ibu Kota Libya, Tripoli.

Dengan demikian, klaim “Foto Bangunan Hancur Akibat Serangan Junta di Myanmar” adalah hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

Advertisement

= = =
Referensi: https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9QZ26U-1
https://www.npr.org/sections/thetwo-way/2016/05/18/478550271/new-report-details-the-horrors-of-life-under-isis-in-sirte-libya
https://www.icrc.org/en/document/what-happened-one-family-also-so-many-others

 

Copyright ©

Advertisement

Populer