Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Artikel Berita Berjudul “Barcelona Tunjuk Luhut Panjaitan Sebagai Pelatih Menggantikan Ronald Koeman”

Published

on

[SALAH] Artikel Berita Berjudul "Barcelona Tunjuk Luhut Panjaitan Sebagai Pelatih Menggantikan Ronald Koeman"

Hasil Periksa Fakta Ani R

Judul Hasil Editan. Judul aslinya yakni “Barcelona Tunjuk Sergi Barjuan Jadi Pelatih Sementara”, ditayangkan oleh kanal berita Beritasatu.com pada Kamis 28 Oktober 2021 pukul 21.51 WIB.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

Advertisement

=====

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

=====

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/UsZN2

Advertisement

=====

NARASI:

Catalunya – Barcelona telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelatih kepala setelah kepergian Ronald Koeman, kata klub Liga Spanyol itu dalam sebuah pernyataan, Kamis (28/10/2021).

Koeman dipecat setelah Barca kalah 1-0 dari Rayo Vallecano pada Rabu, kekalahan keempat mereka dalam enam pertandingan di semua kompetisi.

“(Luhut) akan mengambil posisi sebagai pelatih kepala tim utama penuh waktu untuk menggantikan Ronald Koeman yang dipecat,” kata klub Catalan dalam sebuah pernyataan.

Advertisement

Manajemen Barcelona mengatakan, penunjukan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelatih kepala Barcelona tak lepas dari kinerja apik yang ditunjukkan oleh Luhut di pemerintahan Jokowi – Ma’ruf. Menurut manajemen Barcelona, mereka terkesima melihat performa Luhut ketika ditunjuk menjadi Koordinator PPKM Jawa – Bali, juga ketua Dewan Pengarah Penyelamatan 15 Danau Prioritas Nasional, serta ketua Komite Kereta Cepat Jakarta – Bandung. Hal ini membuat manajemen Barcelona tak ragu untuk menunjuk Luhut sebagai pelatih kepala.

*artikel berita berjudul “Barcelona Tunjuk Luhut Panjaitan Sebagai Pelatih Menggantikan Ronald Koeman” Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:51 WIB
Oleh: Surya Lesmana/LES

======

PENJELASAN:

Advertisement

Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama Rahmat Joan di grup “Dukung Jokowi 3 Periode”. Dalam postingannya disertakan sebuah screenshoot artikel berita berjudul “Barcelona Tunjuk Luhut Panjaitan Sebagai Pelatih Menggantikan Ronald Koeman”, terdapat juga foto Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sedang berjalan di sebuah stadion.

Rahmat juga menambahkan narasi dalam postingannya yang seolah narasi tersebut adalah isi dari berita. Dikatakan bahwa Luhut ditunjuk oleh Manajemen Barcelona untuk menjadi kepala pelatih menggantikan Ronald Koeman. Koeman sendiri telah dipecat setelah Barca menghadapi kekalahan keempat dari enam pertandingan. Manajemen mempercayai Luhut untuk menjadi pelatih karena performa kinerja Luhut yang bagus di pemerintahan Jokowi.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, ditemukan ternyata judul berita tersebut sudah diedit. Judul aslinya yakni “Barcelona Tunjuk Sergi Barjuan Jadi Pelatih Sementara”. Penampakan kanal berita yang sama persis seperti screenshoot Rahmat adalah kanal berita Beritasatu.com, tanggal penayangan dan penulis berita juga persis sama. Judul yang asli sama sekali tidak berkaitan dengan Luhut Pendjaitan dan faktanya yang menggantikan pelatih Barcelona adalah bernama Sergi Barjuan.

Ronald Koeman dipecat setelah Barca kalah 1-0 dari Rayo Vallecano, kekalahan keempat mereka dalam enam pertandingan di semua kompetisi. Barjuan sendiri akan mengambil alih sementara manajemen teknis tim senior.

Advertisement

Adapun gambar pada headline berita tersebut juga diedit. Dalam artikel aslinya terpampang foto Sergi Bajuan. Sedangkan foto Luhut pada artikel berita palsu adalah saat Luhut menghadiri PON Papua XX.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Rahmat Joan adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

=====
REFERENSI:
https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4698906/cek-fakta-hoaks-barcelona-tunjuk-luhut-binsar-pandjaitan-jadi-pelatih-gantikan-ronald-koeman

https://www.google.com/amp/s/ekbis.sindonews.com/newsread/560286/34/sambangi-pon-papua-luhut-kagum-dengan-mimika-sport-complex-1633446646

Advertisement

https://www.google.com/amp/s/www.beritasatu.com/amp/bola/846813/barcelona-tunjuk-sergi-barjuan-jadi-pelatih-sementara

Copyright ©

Advertisement

Populer