Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Gambar Ganjar dan Mahfud sedang di Rumah Sakit Jiwa

[SALAH] Gambar Ganjar dan Mahfud sedang di Rumah Sakit Jiwa

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar Ganjar dan Mahfud sedang di Rumah Sakit Jiwa merupakan editan. Faktanya, gambar yang asli ada pada artikel beritasatu.com diambil saat Ganjar dan Mafud akan menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) pada Minggu, 22 Oktober 2023 sebagai salah satu syarat dalam pendaftaran capres-cawapres.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

Advertisement

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER:
https://archive.cob.web.id/archive/1702099670.215294/index.html

= = = = =

NARASI:
“RUMAH SAKIT JIWA”

Advertisement

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok coboyhay memposting gambar Ganjar dan Mahfud yang sedang melambaikan tangan. Terdapat tulisan RUMAH SAKIT JIWA di belakang Ganjar dan Mahfud.

Setelah ditelusuri menggunakan Google Image ditemukan gambar yang identik pada artikel beritasatu.com berjudul “Tes Kesehatan, Ganjar dan Mahfud Tiba di RSPAD Gatot Soebroto”. Jika dibandingkan antara gambar asli dan gambar di Tiktok terdapat perbedaan yaitu tidak ada tulisan “RUMAH SAKIT JIWA”. Lokasi diambilnya gambar Ganjar dan Mahfud di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) tepatnya saat Ganjar dan Mahfud akan menjalani tes kesehatan pada Minggu, 22 Oktober 2023 sebagai salah satu persyaratan dalam pendaftaran capres-cawapres.

Dengan demikian gambar Ganjar dan Mahfud sedang di Rumah Sakit Jiwa merupakan editan. Gambar yang asli ada pada artikel beritasatu.com diambil saat Ganjar dan Mafud akan menjalani tes kesehatan di RSPAD, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Advertisement

REFERENSI:
https://www.beritasatu.com/bersatu-kawal-pemilu/1073236/tes-kesehatan-ganjar-dan-mahfud-tiba-di-rspad-gatot-soebroto

Source:Turnbackhoaks

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer