Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Minum Sambil Berdiri Berbahaya bagi Ginjal

[SALAH] Minum Sambil Berdiri Berbahaya bagi Ginjal

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Detik, ahli urologi dari RS Cipto Mangunkusumo, yaitu dr. Ponco Birowo, SpU. PhD mengatakan bahwa sikap minum tidak berpengaruh pada kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan air butuh proses dan waktu berjam-jam untuk sampai ginjal.

= = = =

Advertisement

KATEGORI: misleading content atau konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Instagram
https://archive.fo/9MgqL

= = = =

Advertisement

NARASI:

(narasi dalam gambar)

”Selain kurang sopan, ternyata minum sambil berdiri salah satu penyebab rusaknya ginjal lho, karena air yang mengalir langsung menuju kantung kemih tanpa penyaringan, So hindari minum sambil berdiri ya guys !”

= = = =

Advertisement

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi oleh akun Instagram faktakesehatankuu yang mengatakan bahwa minum sambil berdiri merupakan salah satu penyebab kerusakan ginjal. Hal tersebut diklaim disebabkan oleh tidak tersaringnya air yang diminum ketika berdiri dan langsung menuju kandung kemih.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir melalui laman berita Detik, ahli Urologi RS Cipto Mangunkusumo, yakni dr. Ponco Birowo, SpU. PhD., mengatakan bahwa ketika air diminum, air akan masuk ke kerongkongan dan masuk ke lambung untuk proses penyerapan sari terlebih dahulu. Yang mana, proses penyerapan sari pada lambung tersebut membutuhkan waktu berjam-jam sebelum air masuk ke ginjal.

“Tidak ada hubungannya dengan sikap minum, mau sambil duduk atau berdiri air tetap butuh waktu berjam-jam untuk sampai ginjal,” ucap dr. Ponco Birowo, SpU. PhD., melalui laman berita Detik.

Advertisement

Hasil periksa fakta dengan narasi serupa juga sudah diunggah pada situs turnbackhoax.id dengan judul “[HOAX] MINUM DENGAN POSISI BERDIRI BISA TIMBULKAN SAKIT BATU GINJAL”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Instagram faktakesehatankuu tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

 

= = = =

REFERENSI:

Advertisement
  1. https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1708453/minum-sambil-berdiri-tidak-membahayakan-ginjal
  2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/16444/hoaks-minum-dengan-posisi-berdiri-bisa-timbulkan-sakit-batu-ginjal/0/laporan_isu_hoaks
  3. https://turnbackhoax.id/2017/02/23/hoax-minum-dengan-posisi-berdiri-bisa-timbulkan-sakit-batu-ginjal/

Copyright ©

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer