Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] “Mulai Panas, Megawati Janji Akan Minum Baygon Jika Kalah Di Pilpres 2024”

[SALAH] “Mulai Panas, Megawati Janji Akan Minum Baygon Jika Kalah Di Pilpres 2024”

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya informasi tersebut tidak mendasar dan tidak ada bukti dari pemberitaan valid yang membenarkan klaim tersebut. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

Advertisement

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/gEPCi

= = =

Narasi:

Advertisement

“Mulai Panas, Megawati Janji Akan Minum Baygon Jika Kalah Di Pilpres 2024”

“Sudah Bau Tanah..!!! Masih Ajha Sombong. Megawati Janji Akan Minum Baigon Jika Kalah 2024”

= = =

Penjelasan:

Advertisement

Beredar sebuah tautan di Facebook yang mengarah pada laman Blogspot yang menunjukkan video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, akan minum obat nyamuk jika kalah pada 2024.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Faktanya tidak ada bukti valid yang membenarkan klaim tersebut, narator dalam video yang disematkan dalam Blogspot tersebut hanya membacakan artikel dari Suara.com dengan judul “Bukan Ganjar, Megawati Disebut Beri Sinyal Calonkan Puan Maharani di Pilpres 2024”.

Thumbnail yang disematkan tersebut adalah momen saat Megawati berpidato di HUT ke-50 PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran pada 10 Januari 2023. Dalam pidato tersebut juga Megawati tidak berjanji akan minum obat nyamuk jika kalah pada kontestasi pemilu 2024.

Dengan demikian, Megawati janji akan minum obat nyamuk jika kalah pada 2024 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Advertisement

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/10/18/192000782/daur-ulang-hoaks-megawati-akan-minum-obat-nyamuk-jika-pdi-p-kalah?page=all#page2

https://cianjur.suara.com/read/2023/01/13/070000/bukan-ganjar-megawati-disebut-beri-sinyal-calonkan-puan-maharani-di-pilpres-2024

Advertisement

= = =

Source:Turnbackhoaks

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer