Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Puan Maharani Sarankan Penanaman Microchip Di Tangan

Published

on

[SALAH] Puan Maharani Sarankan Penanaman Microchip Di Tangan

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya, penanaman microchip disampaikan Puan saat dirinya menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Penanaman microchip ini rencananya hanya ditujukan kepada pelaku kejahatan seksual untuk kepentingan pengawasan dan pencegahan.

Selengkapnya ada di penjelasan.

Advertisement

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: TIKTOK
archive.vn/f5VJt
https://vm.tiktok.com/ZM8at2kEf/

=====
[NARASI]:

“WADUH…WADUH… PUAN MAHARANI SARANKAN PASANG MICROCHIP DI TANGAN”

=====
[PENJELASAN]:

Advertisement

Sebuah akun media sosial Tiktok bernama @ESCHATOLOGY.CHANEL mengunggah video dengan pengantar narasi yang menyatakan bahwa Puan Maharani menyarankan penanaman microchip di tangan. Video ini mengambil hasil wawancara Puan Maharani yang saat itu menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Namun setelah dicek faktanya, terdapat kekeliruan penggunaan video wawancara Puan Maharani tentang pemasangan microchip tersebut. Melansir dari unggahan Youtube media Beritasatu pada 5 tahun yang lalu, rencana pemasangan chip yang diajukan oleh Puan saat itu tidak ditujukan kepada seluruh masyarakat, namun kepada pelaku kejahatan seksual.

Pemasangan chip ini menurut Puan merupakan tindakan pengawasan dan pencegahan agar pelaku tindak kejahatan seksual ini tidak mengulangi kejahatannya. Puan pun menyatakan bahwa rencana tersebut masih dalam proses pengkoordinasian kepada pihak kepolisian untuk mengatur mekanisme eksekusinya.

Jadi dapat disimpulkan, pengantar narasi yang menyebutkan bahwa Puan menyarankan penggunaan microchip di tangan merupakan informasi yang keliru, dan ini termasuk ke dalam hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Advertisement

=====
[REFERENSI]:

Copyright ©

Populer