Cek Fakta: [SALAH] Voucher Undian Alfamart 21 Tahun di Situs to9.buzz/alfamart-id

By: Jumat, 30 Oktober 2020
[SALAH] Voucher Undian Alfamart 21 Tahun

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia). Pesan berantai peringatan ulang tahun Alfamart ke-21 tahun tersebut hoaks. Corporate Communication GM Alfamart memastikan pesan tersebut palsu dan tautan tersebut tidak resmi.

= = = = =

KATEGORI: KONTEN PALSU

= = = = =

SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP

= = = = =

NARASI:

“Alfamart – 21 Tahun
Selamat!
Anda terpilih untuk memenangkan kupon gratis senilai Rp. 2 juta, berlaku untuk pembelian di semua toko jaringan supermarket Alfamart.
https://to9[dot]buzz/alfamart-id/”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar pesan berantai WhatsApp dan media sosial lainnya berupa link website yang menyebut Alfamart memperingati ulang tahun ke-21 dengan imbalan imbalan kupon untuk konsumen yang telah mengikuti survey senilai Rp2 juta.

Dari hasil penelusuran diketahui pesan berantai tersebut hoaks. Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman memastikan tautan tersebut palsu dan dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Rachman pun mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati jika menerima pesan mengatasnamakan Alfamart.

“Pesan tersebut tidak resmi dari Alfamart, untuk itu masyarakat yang menerima nya tidak perlu dihiraukan”.

Menurut Rachmat, Pelaku sengaja memanfaatkan momen ulang tahun Alfamart untuk melakukan perbuatan yang bisa merugikan. Salah satunya adalah pencurian data pribadi yang digunakan oleh pihak tertentu. Rachmat juga mengatakan jika modus penipuan tersebut juga cukup lihai terlihat dari desain, ikon dan tone warna yang digunakan sering digunakan juga oleh Alfamart.

Sebelumnya beredar informasi serupa di media sosial dengan klaim Alfamart menyumbang 6000 kupon untuk membantu melawan Covid-19. Kabar tersebut telah di klarifikasi oleh turnbackhoax.id dalam artikel berjudul “[SALAH] Alfamart Menyumbangkan 6000 Kupon Untuk Membantu Melawan COVID-19” pada 22/4/2020. Serupa dengan pesan di atas, konsumen diharuskan mengisi survei terlebih dahulu untuk mendapatkan imbalan kupon.

Konsumen dapat memastikan informasi yang berkaitan dengan pemberian kupon atau promo oleh Alfamart hanya melalui situs resmi www.alfamartku.com, akun media sosial facebook.com/alfamartku, www.instagram.com/alfamart, www.twitter.com/alfamart dan nomor resmi WhatsApp Alfamart 08111500959. Diluar dari semua akun sosial media diatas adalah informasi tidak benar.

Dari penelusuran di atas, pesan berantai peringatan ulang tahun Alfamart ke-21 bagi-bagi kupon senilai Rp2 juta tidak benar, maka pesan tersebut masuk kategori Konten Palsu.

REFERENSI:
https://alfamart.co.id/news-detail/Waspada-Iming-Iming-Voucher-Kado-Ultah-Alfamart
https://radarmojokerto.jawapos.com/read/2020/10/29/221738/voucher-hoax-kado-ultah-alfamart
https://turnbackhoax.id/2020/04/22/salah-alfamart-menyumbangkan-6000-kupon-untuk-membantu-melawan-covid-19/

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *